Wednesday, April 2, 2014

PENDIDIKAN : SDN PERCOBAAN SURABAYA ADAKAN PAGELARAN SENI “UNTUKMU INDONESIAKU”

Pagelaran Seni “Untukmu Indonesiaku” di SDN Percobaan Surabaya
KEGIATAN “Untukmu Indonesiaku” ini dalam rangka penutupan pelajaran semester I dan pembukaan semester II tematik. Acara ini diselenggarakan oleh Kepala SDN Percobaan Surabaya, Drs Sukro As MPs MM, melibatkan seluruh siswa-siswi mulai kelas I sampai dengan kelas VI dan warga sekitar juga ikut berpartisipasi dalam kegiatan tersebut.
Acara tersebut kelihatan meriah sekali. Tampak hadir pada acara ini selain Kepala Sekolah, guru, wali murid juga Dra Endang Purbaningrum MKes dari Unesa, Prof Dr Etik Husain (Konsultan Pendidikan Inklusi Indonesia Australia), Komite Sekolah (Dr Riswanta) dan Pengawas dari Dinas Pendidikan (Ernawati SPd dan Widyanta SPd). Pada acara tersebut Drs. Sukro As MPs MM selaku Kepala Sekolah pada saat itu menyampaikan bahwa Pagelaran Seni “Untukmu Indonesiaku” ini murni asli Kesenian Indonesia tanpa ada masukan seni dari luar/budaya Barat. Apalagi tarian kolosalnya yang betul-betul memukau perhatian pemirsa, murni Indonesia asli. Adapun acaranya meliputi tarian remo, geguritan, baca puisi, karate, angklung, pramuka, fashion, samroh, paduan suara dan tarian kolosal, yang terdiri dari siswa-siswi kelas I sampai dengan kelas VI dan beberapa orang guru juga ikut andil dalam kegiatan tersebut, termasuk siswa inklusi (berkebutuhan khusus).
Pada acara ini siswa berkebutuhan khusus dengan regular bercampur menjadi satu. Secara kasat mata memang tidak bisa dibedakan antara siswa inklusi dan siswa regular karena semuanya membaur menjadi satu, tetapi pada saat paduan suara “Terima Kasih Guruku” yang dinyanyikan oleh siswa berkebutuhan khusus baru terlihat jelas bagaimana gerak-gerik mereka yang selalu mengundang tawa penonton. Terlihat sekali pada acara ini Kepala Sekolah SDN Percobaan, Drs Sukro As MPs MM, tidak membeda-bedakan, yang penting acara ini bisa berjalan dan kenyataannya memang acara tersebut berjalan meriah dan sukses. Apalagi pada acara puncak tarian kolosal, warga di sekitar sekolahan ikut antusias memeriahkan acara tersebut dengan musik patrol gabungan siswa dan warga sekitar.
Memang, SDN Percobaan sejak dikendalikan oleh Drs Sukro As MPs MM banyak sekali meraih kejuaraan. Baru-baru ini geguritan meraih juara II se-Kota Surabaya, baca puisi juga juara II. Dalam kegiatan ekstrakurikuler, tarian remo selain pernah meraih juara juga akan diujikan untuk siswa kelas VI. Tarian kolosalnya meliputi tarian semut, berkebun, kelelawar, nusantara, kecak.

Di akhir acara, Drs Sukro As MPs MM mengharapkan acara ini bisa berlangsung terus dan berkesinambungan setiap tahunnya. (Widandari)R.26
Kepala SDN Percobaan Surabaya, Drs Sukro As MPs MM, saat menyampaikan kata sambutan dalam acara Pagelaran Seni “Untukmu Indonesiaku”



No comments:

Post a Comment