Tuesday, April 29, 2014

ANEKA BERITA : ASET BELUM DISERAHKAN, PDAM TIRTA KARIMUN BELUM BISA BEROPERASI

KEKERINGAN melanda Kabupaten Karimun, Kepri, yang telah terjadi selama tiga bulan belakangan ini telah menbuat sumur dan waduk Sei Bati milik UUAB Perusda kekeringan. Pelanggan dan masyarakat Karimun pun mengeluh karena  belum adanya langkah-langkah konkret dari Pemkab Karimun dalam mengatasi kesulitan masyarakat atas ketersedian air bersih. Sedangkan  keberadaan PDAM Tirta Karimun dinilai baru sebatas menjadi penonton.
           Pjs Dirut PDAM Tirta Karimun, Herwansyah, saat ditemui Hendri dari FAKTA, tidak menampik jika dikatakan pihaknya hanya sebatas menonton. Namun selaku Pjs Dirut PDAM Tirta Karimun, pihaknya terus berkordinasi dengan Usaha Unit Air Perusda selaku pengelola bagi pelanggan air bersih kepada masyarakat.
           Belum bisa optimalnya kinerja PDAM Tirta Karimun, lanjutnya, karena   belum adanya penyerahaan aset unit air bersih yang dikelola oleh  Perusda Karimun kepada PDAM Tirta Karimun. Keberadaan PDAM Tirta Karimun baru hanya sebatas koordinasi, sedangkan untuk penanganan air bersih bagi pelanggan Usaha Unit Air Bersih (UUAB) masih ditangani Perusda Karimun.
           Lambatnya penyerahaan aset UUBA yang dikelola oleh Perusda itu karena sampai saat ini belum ada penyerahan aset dari Kabupaten Bintan yang merupakan Kabupaten Induk kepada Perusda Karimun.

           Pendirian PDAM Tirta Karimun termaktub dalam  Perda No.2 Tahun 2013 tentang Pembentukan PDAM Tirta Karimun. Dan setelah aset yang dimiliki UUBA yang dikelola Perusda diserahkan, pembentukan Direksi PDAM Tirta Karimun baru bisa dilakukan. Sedangkan untuk mengatasi ketersediaan air bersih bagi pelanggan yang dialiri air bersih dari UUBA milik Perusda, pada rencana jangka pendek, cadangan air danau yang berada di Danau Gang Merdu akan dihubungkan ke Waduk Sei Bati Kecamatan Tebing. (F.942)R.26  

No comments:

Post a Comment