Monday, April 28, 2014

UNTAIAN PERISTIWA : H SAMSUL TEKUNI USAHA IKAN BAKAR SEJAK 1979

JANGAN takut untuk mencoba sebuah usaha apabila ada dalam hati untuk melaksanakannya. Itulah yang dikemukakan salah seorang pengusaha ikan bakar yang sangat terkenal di Makassar, bahkan sampai di daerah Sulawesi Selatan. Dia adalah H Samsul atau H Ancu, yang sekarang sudah masuk usia ke-56 tahun.
Selama di Makassar, pekerjaan yang dia tekuni mulai tahun 1979 ini sangat banyak kenangan suka-dukanya. Pertama kali membuka warungnya dia bermodalkan pas-pasan di Jalan Pettarani, persimpangan Jl Urip Sumoharjo. Hingga sekarang dia menekuni usaha ikan bakarnya tersebut. Sudah dua kali dia pindah tempat karena digusur.
H Samsul yang dikaruniai anak 6 orang, 3 putra dan 3 putri, dengan cucu 11 orang, kini sudah mempekerjakan sekitar 15 orang karyawan yang dibantu oleh anaknya dalam melayani tamu yang singgah makan di warungnya.
Tamu yang hendak merasakan Ikan Bakar, Sop Saudara dan Sop Konro yang dihidangkan H Samsul berdatangan mulai pagi hingga malam. Dalam melaksanakan tugas di warungnya, H Samsul selalu didampingi istrinya, Marsani, yang kini berumur 50 tahun. Posisi Warung Sop Saudara dan Sop Konro H Ancu ini sangat strategis, sehingga pengunjung sangat mudah bila hendak mampir, karena pas di pinggir Jalan Pettarani dan Urip Sumoharjo Km 4 Makassar.
Harapan H Samsul kepada kaum muda supaya mempergunakan keahlian masing-masing selagi umurnya belum mencapai 40 tahun agar tenaga mudanya bisa dipergunakan untuk bekerja dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari. Yang patut dicontoh dari H Samsul adalah seringnya membantu orang-orang susah yang datang kepadanya. (F.546)R.26
H Samsul alias H Acung

No comments:

Post a Comment