Wednesday, April 16, 2014

SURABAYA RAYA : WAKIL DUBES INGGRIS DUKUNG PROGRAM AMC SURABAYA

KUNJUNGAN Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, ke Inggris tempo hari, mendapatkan respon positif berupa kunjungan balasan dari Kedutaan Besar Inggris di Indonesia.
Pada Kamis (20/3) Wakil Duta Besar Inggris, Rebecca Razavi, datang berkunjung ke Balai Kota Surabaya. Rebecca ditemui Wakil Walikota (Wawali) Surabaya, Wisnu Sakti Buana, di ruang kerjanya. Wawali didampingi Sekkota Surabaya, Hendro Gunawan, Asisten Sekkota II, M Taswin, dan Kabag Kerja Sama Pemkot Surabaya, Ifron Hady Susanto.
Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 30 menit itu, Wawali dan juga Rebecca membahas banyak hal terkait pengembangan Kota Surabaya ke depan. Di antaranya, tawaran kerja sama serta undangan dari Kedubes Inggris kepada Pemkot Surabaya untuk datang melihat langsung Kota Liverpool. Ini karena Liverpool sebagai salah satu kota pelabuhan di Inggris, dianggap memiliki banyak kesamaan dengan Surabaya, utamanya dalam hal pengembangan kota.
“Pertemuan ini untuk menindaklanjuti komunikasi ketika Bu Wali ke sana. Tadi wakil Dubes Inggris mengundang kita untuk melihat Liverpool. Karena pengembangan Surabaya sebagai kota perdagangan dan jasa memiliki banyak kemiripan dengan Liverpool sehingga memungkinkkan kerja sama. Termasuk juga pengembangan ke arah kota yang lebih ramah lingkungan,” tegas Wawali sesuai pertemuan.
Wawali mengaku sangat apresiatif terhadap tawaran kerja sama dari wakil Kedubes Inggris tersebut. Menurutnya, Surabaya sebagai kota perdagangan dan jasa bisa belajar banyak kepada Liverpool yang notabene lebih maju. Menurut Wawali, kota yang terkenal dengan klub sepakbola Liverpool FC dan juga band legendaris The Beatles itu punya banyak potensi. Salah satunya yang kini mulai dikembangkan dan belum ada di Surabaya adalah energi laut.
“Karena itu, kita sangat menyambut baik diajak melakukan kerja sama dengan negara yang lebih maju dari Surabaya,” ujarnya.
Selain perihal pengembangan kota, pertemuan tersebut juga membahas masalah pendidikan seperti pertukaran pelajar dan juga program kesehatan. Karenanya, Wawali menganggap penting bagi Surabaya untuk melakukan kerja sama antarkota dengan Liverpool dalam bentuk sister city. Apalagi, selama ini Surabaya belum pernah menjalin sister city dengan kota-kota di Inggris.  “Saya juga tawarkan sister city dengan Liverpool karena Surabaya belum pernah bisa masuk ke Inggris. Dan ini peluang ketika mereka mengundang kita. Wakil dubesnya welcome sekali,” sambung mantan Wakil Ketua DPRD Surabaya ini.
Dalam pertemuan yang berlangsung gayeng tersebut, rencana Pemkot Surabaya membangun angkutan masal cepat (AMC) berupa monorel dan trem, juga menjadi bahasan yang menarik. “Kami memiliki pengalaman dalam pembangunan proyek AMC tersebut. Dan saya tahu proyek itu bukan pekerjaan sederhana, sangat complicated. Anda harus banyak berdiskusi dengan para ahli,” tutur Rebecca.

 Mendengar pernyataan tersebut, Sekkota Hendro Gunawan menimpali bahwa Pemkot Surabaya mendapatkkan dukungan dari berbagai pihak yang ingin membantu pembangunan AMC di Surabaya. “Kami mendapatkan support dari pihak World Bank,” ujar Sekkota. (F.183)R.07
Walikota Surabaya, Tri Rismaharini, saat berkunjung ke Inggris

No comments:

Post a Comment