Sunday, April 20, 2014

ADVETORIAL : WALIKOTA JAYAPURA RESMIKAN KANTOR BPPTSP DAN DISPENDA

DALAM acara peresmian Kantor Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) dan Kantor Dinas Pendapatan Daerah Kota Jayapura pada 7 Maret 2014, Walikota Jayapura, Drs Benhur Tommy Mano MM, mengatakan,”Kita telah melaksanakan berbagai program kegiatan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJM) Kota Jayapura Tahun 2012-2016 di bidang pembangunan guna mewujudkan visi dan misi pembangunan ke depan yakni terwujudnya kota beriman, bersatu, mandiri, sejahtera, modern berbasis kearifan lokal. Peningkatan perbaikan kualitas hidup masyarakat umat beragama. kebebasan dan toleransi beragama cukup tinggi, penataan manajemen pemerintahan semakin baik dan pembinaan aparatur birokrasi pun semakin professional”.
Dari kiri : Walikota Jayapura, Drs Benhur Tommy Mano MM, bersama
Wakil Walikota Jayapura, DR H Nuralam SE MSi

Kita, lanjut Walikota, melakukan semua itu secara bertahap dan signifikan terutama dalam mewujudkan kota bersih, indah, nyaman, aman, bersahaja, sehingga berhasil meraih penghargaan Adipura tahun lalu. Selain itu juga berhasil mengembangkan potensi ekonomi kota pendidikan, jasa, perdagangan. Dunia usaha pertumbuhannya cukup tinggi, banyak pendirian ruko, rumah sewa, berbagai jenis properti, dan berbagai bidang usaha lainnya yang berimbas pada meningkatnya pendapatan asli daerah (PAD) yang mencapai Rp 100 milyar lebih.
“Pembangunan jalan alternatif Waena-Skyline-Entrop-Kodam Baru sampai ke Jayapura juga telah dapat mengurai kemacetan lalu lintas pada jam-jam sibuk yang selama ini kita alami. Tapi, kita masih dihadapkan pada permasalahan pembangunan kota yang belum kita tangani karena keterbatasan daya, dana maupun permasalahan yang timbul akibat dari kemajuan pembangunan”.
Hal-hal yang menonjol yang mendapat perhatian warga kota, antara lain pembangunan rumah yang tidak sesuai Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW), cukup banyaknya bangunan rumah yang tidak memiliki Izin Mendirikan Bangunan (IMB), penggundulan hutan daerah angkasa, penutupan aliran sungai oleh pemukiman penduduk sehingga terjadi banjir dan longsor yang menelan korban harta serta nyawa. “Kita menyesal atas semua musibah yang terjadi. Karena itu seluruh masyarakat harus taat peraturan, memiliki kesadaran dan tanggung jawab dalam memelihara alam, serta berpartisipasi aktif menjaga kebersihan lingkungan”.
Kantor BPPTSP dan Dispenda yang diresmikan ini merupakan lembaga yang menjalankan pelayanan perijinan dan penarikan pajak retribusi, yang diharapkan dapat mendongkrak pendapatan asli daerah kota, efisien, efektif, hemat waktu, cepat, tepat, transparan, tidak korupsi dan manipulasi. “Kepada seluruh masyarakat kota yang mempunyai kepentingan/kebutuhan perijinan berbagai pajak/retribusi dapat berhubungan langsung dengan kedua lembaga tersebut. IMB yang disinyalir tidak banyak dimiliki oleh masyarakat kota yang bermukim di pinggiran sungai atau di lereng gunung harap segera diselesaikan sebelum saya memerintahkan aparat untuk menertibkannya. Jadi, harus ada inisiatif sendiri dari masyarakat untuk mengurusnya, sebelum saya menjalankan kewenangan dan tanggung jawab saya demi kepentingan masyarakat banyak,” ujar Walikota, mengingatkan.

Kantor BPPTSP yang diresmikan ini dan merupakan satu-satunya serta pertama kali ada di kabupaten/kota di Provinsi Papua, tandas Walikota, tentunya tidak akan berarti apa-apa apabila aparaturnya tidak memiliki disiplin dan mental tinggi dalam menjalankan roda instansinya. Tugas dan fungsi pelayanannya merupakan ujung tombak terdepan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Kinerja aparatur instansi pemerintah menjadi penentu baik-buruknya citra pemerintah tersebut. “Pembangunan Kantor BPPTSP dan Dispenda Kota ini merupakan komitmen Pemerintah Kota Jayapura dalam meningkatkan kapasitas dan profesionalitas aparatur pelayanan administrasi publik, efisien, efektif, transparan, cepat, tepat, terhindar dari KKN. Sebelum saya mengakhiri sambutan ini, sekali lagi, saya berpesan kepada masyarakat kota agar memanfaatkan kedua kantor ini dengan sebaik-baiknya. Dan kepada pimpinan instansi beserta para aparaturnya, saya minta hendaklah kantor ini dijaga dan dirawat dengan baik sehingga dapat digunakan dalam jangka waktu yang lama. Saya akan mendorong pemerintah terus membangun fasilitas pelayanan umum di Kota Jayapura yang kita cintai, membangun kota demi kemuliaan nama-Nya – Hen Tecahi Yo Onomi T’mar Ni Hanased,” tutur Walikota Jayapura mewanti-wanti. (F.837)R.26
Tiga dari kiri : Kadispenda Kota Jayapura, Drs Fachruddin Pasolo

No comments:

Post a Comment