Friday, April 18, 2014

LINTAS BERITA : MTQ KE-XXVI KABUPATEN OKI

DALAM rangka menyambut dan memeriahkan pembukaan Musyabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang ke-XXVI Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumatera Selatan (SumSel), Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) dan Dinas Pertanian Kabupaten OKI menggelar pameran hasil pertanian dan kerajinan tangan hasil karya masyarakat Kabupaten OKI, di halaman Masjid At - Tohirin Kecamatan Jejawi, Senin (3/3).
Tidak hanya itu, dalam upaya memeriahkan MTQ tingkat kabupaten yang ke-XXVI ini juga digelar pawai ta'aruf yang diikuti oleh seluruh kafilah yang berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten OKI, dimulai dari depan rumah Kepala Desa Jejawi, H Dol, dan berakhir di halaman Masjid At-Tohirin.
Menurut Kepala Disperindagkop Kabupaten OKI, Herry Susanto SSos, salah satu tujuan pameran ini untuk memeriahkan pembukaan MTQ Tingkat Kabupaten OKI. Di mana sebelum mengikuti perlombaan, para kafilah beserta tamu undangan dapat melihat-lihat hasil kerajinan tangan dari masyarakat OKI, seperti kerajinan tenun songket dari Pematang Kijang dan Pematang Buluran, kerajinan purun (tas, tikar dompet, tempat tisu, tempat buku , tikar sajadah), dari Desa Ulak Kemang, Kecamatan Pampangan, dan Kecamatan Pedamaran," ungkapnya.
Ditambahkannya, tidak hanya itu, UKM Amin Bosi Kelurahan Paku, Kecamatan Kota Kayuagung, dan 8 komunitas UKM Sriwijaya lainnya yang tergabung di Disperindagkop juga memeriahkan acara akbar ini dengan menjual berbagai macam hiasan berukiran lafadz Al Qur’an, baju muslim, jilbab, mukenah dan lain-lainnya.
Kepala Dinas Pertanian Kabupaten OKI, Syarifuddin SP MSi, mengatakan, untuk pameran pasar tani sendiri di sini kita sediakan hasil tani yang berupa kacang, ubi, rambutan, cabe, manggis dan hasil tani lainnya.
Kepala Badan Pengelolaan Pasar dan Kebersihan (BPPK), Tohir Yanto SSos, menyampaikan, pihaknya juga turut berperan dalam menyukseskan MTQ tingkat kabupaten ini, dengan menurunkan 27 petugas kebersihan yang telah bekerja pada tanggal 2 Maret 2014, dengan 2 fasilitas kebersihan mobil dan motor sampah.
Sementara itu Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar SE, mengatakan akan memberikan hadiah umroh kepada para juara MTQ XXVI Tingkat Kabupaten Ogan Komering Ilir Tahun 2014. “Kepada qori’/qori’ah berprestasi patut kita berikan apresiasi. Untuk tahun 2014 ini juara I tingkat dewasa kita bantu untuk diumrohkan, tentunya tetap memperhatikan keuangan daerah,” ungkap Iskandar saat membuka MTQ XXVI Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2014 di malaman Masjid At Tohirin, Senin malam (3/3).
Dikatakan Iskandar bahwa dirinya akan terus berkomitmen untuk memajukan pembangunan keagamaan di Kabupaten Ogan Komering Ilir.
“Para guru mengaji di kampung-kampung, para penjaga masjid dan surau-surau, para pengurus jenazah, para P3N serta orang-orang yang berjasa di tengah-tengah masyarakat patut kita perhatikan kesejahteraannya,” tutur Iskandar.
MTQ Tingkat Kabupaten OKI tahun 2014 diikuti 523 qori’/qori’ah yang berasal dari 18 kecamatan di Kabupaten OKI. Sebanyak 7 cabang dilombakan.

Bupati berharap even-even tingkat kabupaten akan terus dilaksanakan di kecamatan-kecamatan agar setiap daerah memiliki kesempatan menjadi tuan rumah. (F.949)R.26
Bupati Ogan Komering Ilir, Iskandar SE, saat membuka MTQ Ke-XXVI
Tingkat Kabupaten OKI Tahun 2014

No comments:

Post a Comment