Wednesday, April 9, 2014

ADVETORIAL : PAHAMI PEMBANGUNAN SESUAI RPJMD


Saat berlangsung Musrenbang Kabupaten Batola 2014

MUSYAWARAH Rencana Pembangunan (Musrenbang) merupakan amanat UU No.25 Tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, yang dimaksudkan sebagai forum musyawarah rencana pembangunan yang mengakomodasi peran-peran segenap komponen masyarakat, sebagai media koordinasi, komunikasi dan konsultasi program pembangunan dengan fokus pada realisasi kebutuhan masyarakat secara nyata.
Musrenbang mempunyai tujuan untuk membahas, menilai dan menyepakati prioritas kegiatan pembangunan sesuai dengan Rencana Kerja Satuan Kerja Pemerintah Daerah (Renja SKPD) yang telah dikomplikasi dengan hasil musrenbang tingkat sebelumnya, menghasilkan konsensus, komitmen, kesepakatan dan kemitraan antara pemerintah dengan pelaku pembangunan, mewujudkan kualitas perencanaan pembangunan dengan lebih meningkatkan kemampuan mengakomodir aspirasi masyarakat, memberdayakan masyarakat dan memberdayakan sumber daya lokal yang dimiliki.
Dengan Musrenbang ini, rakyat banyak diharapkan bisa berpartisipasi dalam proses pembangunan baik pembangunan di provinsi maupun kabupaten dan di daerah di mana kita berdomisili. Pendek kata, pemerintah menginginkan agar proses pembangunan digagas dari bawah. Sehingga proses musrenbang ini harus menampung partisipasi dan usulan rakyat seluas-luasnya.
Seperti halnya di Kabupaten Barito Kuala (Batola), Provinsi Kalimantan Selatan, jajaran aparatur di lingkungan pemerintahan kabupaten tersebut melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Batola Tahun 2015. Musrenbang yang berlangsung di Aula Selidah Marabahan tersebut dibuka langsung oleh kepala daerahnya, Bupati Batola, H Hasanuddin Murad.
Musrenbang Pemkab Batola tahun 2015 yang dihadiri Ketua DPRD, H Husain Ahmad, pihak Bappeda Provinsi Kalsel, Sekdakab Batola, Ir H Supriyono, dan para muspida tersebut juga diikuti para pimpinan SKPD, para camat, kades, ormas, LSM, organisasi wanita, pemuda dan seluruh lapisan masyarakat.
Bupati Batola, Hasanuddin Murad
Bupati Hasanuddin Murad dalam arahannya mengimbau para peserta Musrenbang hendaknya memahami secara sempurna skenario pembangunan di Kabupaten Batola sesuai rencana pembangunan jangka menengah (RPJMD) tahun 2012-2017 yang dibuat dan sebagian sudah direalisasikan. Dengan demikian maka diyakini visi dan misi pasangan Bupati Hasanuddin Murad dan Wakilnya, Ma’mun Kaderi, untuk Kabupaten Barito Kuala yaitu Sama Rasa akan terwujud.
Diuraikan pula oleh Bupati Hasanuddin Murad yang mantan anggota DPR RI itu bahwa indikator pembangunan terdiri indikator kinerja utama (IKU) dan indikator kinerja kunci (IKK). Karenanya, para pihak di setiap SKPD harus menyadari hal itu agar dapat menginteraksikan pada perencanaan yang saling sinergis.
Hasanuddin Murad yang juga mantan Dosen Fakultas Hukum Universitas Lambung Mangkurat (Unlam), universitas negeri terbesar di Provinsi Kalimantan Selatan itu mengatakan, ada dua indikator ekonomi pembangunan yang dipergunakan untuk menyajikan profil kabupaten/kota yakni ratio efesiensi relatif (RER) yang diartikan sebagai efisiensi belanja daerah untuk kesejahteraan. Dan, indeks kesejahteraan daerah (IKD) yang dimaknai sebagai kesejahteraan daerah.
Di Kabupaten Batola yang dominasi penduduknya adalah masyarakat petani, sebut Hasanuddin Murad, maka keberpihakan pembangunan tentu saja terhadap bidang pertanian dalam arti luas beserta program pendukungnya, antara lain jalan, jembatan, jalan usaha tani, saluran irigasi, pengadaan alsintan, dan intensitas penyuluhan di samping program prioritas seperti bidang pendidikan dan kesehatan.
Dijelaskan oleh Bupati Hasanuddin Murad bahwa nilai RER untuk Kabupaten Barito Kuala 0,67, sedangkan IKD 53,71. “Berdasarkan rata-rata IKD kabupaten/kota maka Batola termasuk cukup sejahtera. Akan tetapi jika melihat nilai RER maka APBD Batola selama ini ke depan masih harus lebih ditingkatkan efisiensinya,” paparnya.
Dengan dipahaminya pembangunan sesuai RPJMD, seperti yang diimbau oleh Bupati Hasanuddin Murad, maka maksud serta tujuan dari Musrenbang itu sendiri menjadi sinergis. (Tim)R.26

No comments:

Post a Comment