Friday, April 4, 2014

BERITA COVER : PKB SEJAHTERAKAN MASYARAKAT KALSEL


PKB saat mendeklarasikan Jusuf Kalla (JK) sebagai Capres 2014 setelah Rhoma Irama dan Mahfud MD di Banjarmasin


KETUA DPW PKB Provinsi Kalimantan Selatan, dr H M Zairullah Azhar MSc, adalah sosok yang dikenal religius, rendah hati dan peduli kepada siapa pun. Maka, tidaklah salah bila ZA (sebutannya sehari-hari) memilih Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) untuk mensejahterakan masyarakat Kalsel.
Saat ditemui Sukariyanto dari FAKTA di kediamannya, Istan Anak Yatim, ZA yang menjadi Caleg DPR RI Dapil Kalsel II Nomor Urut 1 mengatakan bahwa ia menjadi Caleg DPR RI dari PKB Kalsel dalam usia yang masih memungkinkan dengan motto agar bisa bermanfaat karena melihat masih banyaknya persoalan di negara ini terutama di Kalimantan Selatan yang membutuhkan kerja keras. Siapa pun orangnya yang punya potensi seharusnya ikut memberikan kontribusi pemikiran supaya Kalimantan Selatan menjadi lebih baik.
“Melihat dari sisi indikator pembangunan HDI (Human Development Indeks) Provinsi Kalsel mendapat urutan posisi ke 26 dari 33 provinsi. Tingkat ini menunjukkan bahwa pendidikan, kesehatan dan ekonomi di Kalsel masih perlu ditingkatkan. Hal ini tentu membutuhkan kebersamaan dengan melihat pada potensi sumber daya alam dan sumber daya manusia-nya. Hanya tinggal memanajenya harus ada figur kepemimpinan (leadership),” kata ZA yang kini juga masih menjadi Pengasuh Yayasan Darul Azhar.
 Bila dalam Pemilu Legislatif 9 April 2014 dirinya diberi amanah oleh masyarakat Kalsel sebagai Anggota DPR RI, maka ZA akan berupaya keras untuk memberikan kontribusi pemikirannya yang berpihak pada kepentingan masyarakat banyak terutama masyarakat Kalimantan Selatan. “Yang menggembirakan saat ini adalah sudah terbitnya UU Pemerintah Desa yang akan memberikan dana Rp 1 milyar per tahun kepada setiap desa di seluruh tanah air. Hal ini dibutuhkan pendamping dan pemikiran agar apa yang menjadi cita-cita pemerintah bisa tercapai dengan lebih baik dan mendorong HDI Kalsel meningkat kembali,” ungkap ZA.
Dalam pelaksanaan kampanye pemilu legislatif di Kalimantan Selatan terutama Dapil Kalsel II, ZA mempunyai program kerja yaitu bidang pendidikan dasar menjadi prioritas utamanya di Kalimantan Selatan, baik sekolah swasta dan sekolah negeri mempunyai keseimbangan dalam hal anggaran dan pembinaan baik dari pemerintah pusat maupun daerah. Selain itu juga di bidang kesehatan yang terkait dengan latar belakang profesinya. Selanjutnya di bidang ekonomi. “Semua itu merupakan tulang punggung pembangunan, terutama pembangunan pedesaan”.
dr H M Zairullah Azhar MSc
Ketua DPW PKB Provinsi Kalsel
Caleg DPR RI dari PKB Dapil Kalsel II No.Urut 1 
(Banjarmasin, Banjarbaru, Tanah Laut, Tanah Bumbu, Kota Baru)

Masih menurut ZA, Kalsel punya kekayaan yang melimpah berupa perkebunan, pertambangan, pertanian, perikanan, kehutanan. Ini semua penting untuk mendapatkan perhatian yang serius dari UU-nya maupun pengaplikasiannya. Pengelolaan maupun pelaksanaannya di daerah harus menunjukkan kebaikan, yang intinya adalah untuk kesejahteraan masyarakat. “Tingkat kemiskinan di Kalimantan Selatan masih sangat tinggi terutama di Dapil Kalsel II DPR RI. Menurut pendapat saya, hal ini tidak seharusnya terjadi. Saya akan mencoba membedah dan mendiagnosa kira-kira apa persoalannya dan kita diskusikan dengan para ahli untuk mendapatkan solusinya. Misalnya membangun sumber daya listrik di Kalimantan Selatan kemudian dijual ke Pulau Jawa. Jadi tidak dijual batubaranya”.
Mantan Bupati Tanah Bumbu yang mendapatkan prestasi  sebagai Daerah Pemekaran Terbaik ini saat ditanya soal target perolehan suara PKB Kalimantan Selatan dalam Pemilu Legislatif 2014, mengatakan,”Untuk kabupaten, kota dan provinsi minimal harus dapat 1 fraksi, sedangkan untuk pusat (DPR RI) targetnya dapat 2 kursi sehingga bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat Kalsel secara riil di DPR RI”.
Seperti diketahui bahwa sebagian hidup ZA untuk mengabdi kepada masyarakat yang membutuhkan dari semua lapisan. Hal itu, menurut ZA, adalah pilihan hidup dengan dilandasi iman dan ibadah. “Menurut agama Islam, yang dicintai sama Allah SWT adalah orang yang memberikan manfaat banyak bagi manusia”.
ZA yang berparadigma, berpikir, dan berkomitmen diri tiada hari tanpa ibadah dan semata-mata karena ridho Allah SWT ini memang dikenal dekat dengan ulama terutama di Kalimanatan Selatan. Dan, terpilihnya ZA sebagai Ketua DPW PKB Provinsi Kalimantan Selatan sebagai partai religius ini sejalan dengan pandangannya selama ini. Menurut ZA bahwa ini sebuah perjalanan dan keinginan Allah dan semata-mata atas ridho Allah. Saat dirinya berdoa agar diberi kesempatan yang lebih baik, tiba-tiba ada partai yang memberikan kesempatan, lalu setelah membaca AD/ART partai tersebut tujuannya semata-mata mengabdi kepada Allah SWT. “Ini sungguh sangat luar biasa jika dipahami. PKB ini didirikan oleh para ulama NU,” ujar ZA sambil menambahkan soal kedekatan dirinya dengan para ulama terutama untuk mencari jati diri yang tidak lain harus belajar dan berguru pada para ulama sehingga kita bisa selamat dunia dan akhirat. “Dalam agama bahwa ilmu itu kunci dunia dan wadahnya ilmu adalah para ulama. Indah rasanya semua itu, banyak nasehat yang saya peroleh dari para ulama dan saya melakukan semua ini juga tidak lepas dari doa orangtua saya terutama ibu saya juga yang mendorong saya untuk masuk PKB”.
Di Kalimantan Selatan, sesuai hasil survey, sekitar 60%-70% masih memilih uang dalam Pemilihan Legislatif. “Money politics ini adalah pidana, hukum agamanya haram. PKB tidak akan melakukan money politics. Yang dilakukan PKB Kalimantan Selatan adalah pendekatan pada masyarakat dan kerja keras, ini butuh pemahaman dan pengertian yang panjang. Oleh sebab itu saya mendorong agar semua pihak memberikan pendidikan dan pembelajaran politik agar tidak membeli suara dalam pemilu. Karena hal itu merupakan sebuah musibah dan tidak ada berkahnya. Wajib hukumnya bagi PKB untuk tidak melakukan money politics melainkan melakukan kerja keras untuk mensejahterakan masyarakat,” tandas ZA. (F.491)R.26

No comments:

Post a Comment