Tuesday, April 1, 2014

WATAMPONE RAYA : KADO HUT BULUKUMBA KE-54 DARI GUBERNUR SULSEL



PERINGATAN Hari Jadi Kabupaten Bulukumba Ke-54 pada Selasa, 4 Februari 2014, menjadi sangat istimewa. Pasalnya, Gubernur Sulsel, Dr Syahrul Yasin Limpo, meresmikan beberapa proyek sebagai kado HUT Bulukumba senilai Rp 46,1 miliar.
Kasubag Humas Pemkab Bulukumba, Asrul Sani, mengatakan, peresmian sejumlah proyek fisik tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Gubernur, di antaranya proyek jalan dan jembatan yang bersumber dari penggunaan jalan laston, pembetonan dan perkerasan jalan serta pembangunan jembatan di beberapa wilayah di Bulukumba.
Selain itu pada kesempatan tersebut Gubernur Sulsel juga meresmikan pembangunan Kantor Camat Ujung Bulu dan Herlang. Masing-masing menelan anggaran Rp 800 juta, termasuk jalan lingkar di depan Gedung Islamic Centre yang nilai anggarannya mencapai Rp 2 miliar, pusat perbelanjaan Mall Mega Zanur, dan Hotel Agri. “Sekaligus pelepasan satu kontainer ekspor kayu bahan jadi hasil produksi PT Zanur Hijau Lestari,” ujar Asrul.
Dalam peringatan Hari Jadi Kabupaten Bulukumba tahun 2014 ini agak sedikit berbeda di mana pada puncak acara dirangkaikan dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Acara juga dimeriahkan dengan pawai kendaraan hias yang temanya disesuaikan dengan momen Hari Jadi Bulukumba dan Maulid Nabi.
Sementara itu, Bupati Bulukumba, Zainuddin Hasan, menjelaskan, di usianya ke-54 Kabupaten Bulukumba mendapat banyak kado istimewa. Betapa tidak, kabupaten yang berjuluk Butta Panrita Lopi ini berhasil mengantongi sejumlah penghargaan sebagai kabupaten berprestasi. “Tahun 2013 lalu kita berhasil meraih predikat tertinggi dalam hal akuntabilitas kinerja keuangan yaitu WTP (Wajar Tanpa Pengecualian). Predikat WTP tersebut diraih pada September 2013 setelah Pemkab Bulukumba berhasil menyelesaikan sejumlah kendala terkait laporan keuangan daerah. Pemkab Bulukumba juga sukses meraih penghargaan piala adipura selama dua tahun berturut-turut,” urai Bupati yang berlatar belakang pengusaha sukses ini.
Selain WTP dan Adipura, lanjut Zainuddin, Pemkab Bulukumba juga berhasil meraih penghargaan dengan LAKIP (Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) terbaik di tahun 2013. “Karena penghargaan itu kita mendapat hadiah dana insentif daerah sebesar Rp 22 miliar, karena berhasil meraih predikat WTP”.
Kepala Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DKPD) Bulukumba, Andi Mappewali, menambahkan, Bulukumba juga mencatat peningkatan APBD secara signifikan di tahun 2014 yang mencapai Rp 1.020 triliun, sementara pada tahun 2013 silam, APBD Bulukumba hanya mencapai lebih dari Rp 42 miliar.
Bupati Zainuddin Hasan menjelaskan, tahun ini Pemkab Bulukumba akan lebih banyak melanjutkan pembenahan untuk desa-desa khususnya untuk infrastruktur pembangunan jalan, pemeliharaan rutin jalan, pemeliharaan jembatan, serta pembangunan talud dan platducker, termasuk di antaranya pembenahan irigasi desa dan pembangunan pintu-pintu air untuk menghijaukan lahan-lahan pertanian. “Dalam hal ini kita juga telah mencanangkan pembangunan kota tepian pantai yang disebut dengan Water Front City, yang memuat sejumlah aktifitas ekonomi masyarakat, kawasan tersebut di kawasan pantai Merpati,” kata Bupati Bulukumba. (F.568)R.26

No comments:

Post a Comment