Wednesday, April 2, 2014

WATAMPONE RAYA : INVESTASI PLTMH BATU MASSONG CAPAI RP 250 M

PEMBANGUNAN Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Batu Massong, Desa Pattameteang, Kecamatan Tompobulu, direncanakan akan rampung 2015 mendatang. Investasi pada PLTMH tersebut mencapai Rp 250 miliar.
“Beban puncak listrik Bantaeng hanya sekitar 7 megawatt dan PLTMH ini berkapasitas 4,2 megawatt, berarti lebih separo dari beban puncak,” jelas Kepala Dinas Perindustrian dan Energi (Disperindagtamben) Bantaeng, Abdul Gani, Selasa (28 /1).
Dia menjelaskan, keberadaan PLTMH tersebut dapat mengatasi krisis listrik yang dialami sejumlah wilayah di Kecamatan Tompobulu. “Rumah-rumah yang selama ini belum dialiri listrik di wilayah Bantaeng, nanti bisa menikmati energi listrik,” tambahnya.
Selain rencana pembangunan PLTMH di Desa Pattaneteang, Pemkab Bantaeng juga merencanakan membangun PLTMH berkapasitas 12,5 megawatt di Kecamatan Bisasappu. Saat ini proyek yang dikerjakan oleh PT Energi Biru itu sementara masih dalam pembebasan lahan. “Jika itu terpenuhi kelak tidak ada lagi desa yang tidak dialiri listrik,” katanya.
Bupati Bantaeng, Prof Dr H M Nurdin Abdullah, bersama sejumlah pejabat terkait turun langsung meninjau lokasi pernbangunan PLTMH tersebut, Selasa, 28 Januari 2014. PLTMH tersebut merupakan investasi perusahaan swasta, PT Mega Power Makinur, sejumlah Rp 250 miliar. (F.568)R.26

No comments:

Post a Comment