Wednesday, April 2, 2014

WATAMPONE RAYA : DAFTAR TUNGGU CJH BANTAENG CAPAI 4.200 ORANG

JIKA tahun 2013 pemerintah pusat tidak menambah kuota haji kabupaten/kota, maka dapat dipastikan jumlah Calon Jemaah Haji (CJH) di Kementerian (Kemenag) Bantaeng yang masuk dalam daftar tunggu akan habis hingga 22 tahun mendatang. Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Bantaeng, Muhammad Tahir.
Menurutnya, jika dilakukan perhitungan Kuota Normal sebanyak 187 orang dan dihitungkan pemotongan 20 persen berdasarkan kebijakan pemerintah Arab Saudi, maka daftar tunggu yang mencapai jumlah 4.200 CJH itu bisa selesai hingga 28 tahun lagi. “Jika tidak terjadi penambahan kuota, maka kita masih menunggu hingga 22 tahun lagi untuk bisa menyelesaikan daftar tunggu CJH ini,” ungkapnya, Kamis (16/1).
Dia mengatakan, lamanya waktu menunggu itu disebabkan semakin tingginya minat masyarakat untuk menunaikan ibadah haji serta kondisi ekonomi masyarakat Bantaeng yang setiap tahunnya mengalami peningkatan. Hingga Desember 2013, jumlah daftar tunggu tersebut mencapai 4.200 CJH, sementara kuota haji hanya 187 orang.
Soal CJH yang batal berangkat tahun lalu sebanyak 37 orang, pihak Kemenag Bantaeng telah mengirim data CJH tersebut ke Pemprov Sulsel sehingga 37 orang tersebut otomatis mendapat prioritas dari data sisa CJH Bantaeng tahun 2013 ini. “Sementara menyusul agar secepatnya diproses di tingkat provinsi, selanjutnya dikirim ke pusat untuk pembuatan visanya. Kami berharap pada saatnya, seluruh data CJH ini rampung sehingga pada musim haji 2014 ini seluruh kuota CJH Bantaeng yang jumlahnya 147 orang tidak lagi mengalami masalah”.

Pada musim haji 2013 lalu Kabupaten Bantaeng mengirim 147 CJH, jumlah tersebut setelah mengalami pemotongan kuota 20 persen berdasarkan keputusan Kemenag Pusat. (F.568)R.26

No comments:

Post a Comment