Wednesday, April 2, 2014

LINTAS BATAM : PERESMIAN PESAT HADIRKAN ARTIS IBU KOTA JAKARTA

PERSATUAN Anak Tempatan (Pesat) Batam menggelar pengukuhan pengurus Sabtu, 22 Febuari 2013, di lapangan PT Tri Jaya Makmur (simpang jam).
“Kami menghimbau kepada orang tempatan agar menghadiri acara di simpang jam Sabtu besok. Acara ini untuk seluruh anak tempatan,” kata Samad.
Pesat bersedia membina dan membantu masyarakat tempatan yang  terpinggirkan. Pesat akan menjadi perpanjangan tangan orang tempatan kepada Pemerintah Kota Batam serta perusahaan-perusahaan swasta yang ada di Batam.
Organisasi ini terlahir dari pemikiran tokoh-tokoh orang tempatan yang ingin membangun daerah Batam khususnya bagi anak tempatan yang selama ini tidak terakomodir. Mereka membuat satu rumusan untuk mengayomi masyarakat tempatan. Mereka akan menjadi mitra pemerintah untuk menyampaikan program-program pemerintah kepada masyarakat dan sebaliknya mereka lahir untuk menyampaikan aspirasi orang tempatan kepada pemerintah.
Menurut Pembina Pesat, Samad Ade, anak tempatan di dalam Pesat bukanlah berarti warga asli Melayu Batam saja, namun semua orang yang telah lahir dan hidup di Kota Batam. Pesat tidak memandang orang tempatan itu berdasarkan etnis, budaya dan agama tertentu saja. “Pesat tak hanya orang Melayu saja tapi semua yang lahir di Batam itu anak tempatan,” ujar Samad saat bertemu wartawan, Senin (17/2).
Untuk kegiatan sosial, saat ini Pesat sudah mempunyai koperasi yang bisa dimanfaatkan oleh orang tempatan. Untuk ke depannya, Pesat akan membantu masyarakat tempatan, terutama masyarakat yang kurang mampu untuk menyediakan pengobatan gratis, asuransi dan menyelesaikan masalah pendidikan buat warga tempatan. Pesat juga mempunyai program untuk membangun kamtibmas dengan menjadi payung hukum di tengah masyarakat. Anggota Pesat siap membatu aparat kepolisian untuk menjaga keamanan. Pesat di tingkat kecamatan dan kelurahan akan membantu polsek, baik dari segi informasi maupun membantu keamanan bagi masyarakat.
“Pesat akan menjadi payung hukum bagi anak tempatan. Kami akan bekerja sama dengan pikah kepolisian untuk keamanan kita bersama,” ujar Samad.
Bagi generasi muda, Pesat akan melakukan pembinaan terhadap generasi muda anak tempatan. LSM yang dikukuhkan ini akan membina dan mengupayakan peluang-peluang bagi generasi muda anak tempatan. Pesat juga akan memberikan beasiswa serta bantuan pendidikan lainnya. (F.947)R.26


No comments:

Post a Comment