Wednesday, April 2, 2014

MADURA RAYA : PEMKAB SUMENEP SEGERA UMUMKAN LELANG FISIK PEMBUATAN KAPAL

PEMERINTAH Kabupaten (Pemkab) Sumenep mulai mengambil start terkait pembuatan kapal baru untuk lintasan keperintisan di perairan setempat. Dijadwalkan pada Januari lalu pengumumam lelang fisik pembuatan kapal bantuan dari Propinsi Jawa Timur itu dilakukan.
Wakil Bupati Sumenep, Ir H Soengkono Sidik SSos MSi, menjelaskan, dana pembuatan kapal baru tersebut sudah terkumpul Rp 28 milyar, yang merupakan bantuan dari APBD Provinsi Jawa Timur senilai Rp 22 milyar dan sisanya Rp 6 milyar dianggarkan di APBD Sumenep tahun 2013. “Jadi, untuk dana pembuatan kapal baru sudah terkumpul semua yang totalnya Rp 28 milyar,” kata Wabup, Selasa (21/1).
Bahkan, lanjut Wabup, mengenai design, miniatur dan RKA-nya juga tidak ada masalah. Tinggal melaksanakan tender khusus melalui Lembaga Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Secara Elektronik (LPSE). “Ini kan anggaran pembuatan kapal dari Pemprop Jatim, maka mekanisme tender khusus harus lewat LPSE. Nantinya, kami akan mengundang seluruh pengusaha se-Indonesia untuk ikut tender tersebut. Dan pengumuman lelangnya akan dilakukan Januari ini, sesuai keinginan Bupati Sumenep, K H A Busyro Karim MSi,” terangnya.

Wabup berharap proses tendernya berjalan aman dan lancar, karena tidak ada re-tender, sehingga pembuatan kapal bisa secepatnya dilaksanakan. “Kalau semua proses awal lancar, dipastikan awal tahun 2015 mendatang sudah bisa difungsikan. Sebab, pembuatan kapal tersebut diprediksi akan memakan waktu antara 12 hingga 13 bulan lamanya,” ujarnya. Sesuai rancangan awal oleh ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya, kapal ini akan bermuatan besar, dengan berkapasitas 300 hingga 400 penumpang dan berat angkut 100 ton. “Kapal tersebut dirancang bisa menembus ombak dengan ketinggian 3 meter. Memang cukup besar, karena akan melayani lintasan keperintisan, utamanya Kalianget-Masalembu. Kapal itu sengaja dikhususkan bagi jalur perintis, supaya mendapat subsidi dari pemerintah. Sedangkan untuk kepulauan Sumenep lainnya masih bisa dilalui kapal yang tersedia saat ini,” ungkapnya. (F.679)R.26

No comments:

Post a Comment