Saturday, September 5, 2015

ANEKA BERITA MOJOKERTO : Bupati MKP Hadiri Upacara Purwasura

Bupati Mojokerto, H Mustofa Kamal Pasa (MKP) 
BUPATI Mojokerto, H Mustofa Kamal Pasa (MKP), menghadiri upacara Purwasura di Desa Japanan, Kecamatan Kemlagi. Purwasura merupakan pelestarian budaya Jawa yang memuat nilai-nilai gotong royong, rasa saling memiliki antarumat khususnya generasi muda yang cenderung mudah terhanyut oleh kemajuan jaman, membumikan kembali nilai-nilai luhur bangsa Indonesia terutama budaya Jawa, menumbuhkan nilai kebersamaan dalam bermasyarakat dan memupuk semangat kebangsaan antargenerasi demi ketahanan nasional.
Selain kirab budaya Majapahit dan arak-arakan gunungan hasil bumi, Purwasura kali ini juga disemarakkan dengan fragmen Sumpah Palapa yang pernah dilakukan oleh Patih Gajah Mada. Gaung Purwasura yang sudah dimulai sejak pukul 07.00 WIB tersebut makin bertambah meriah dengan pertunjukan kesenian Kuda Lumping, Reog Ponorogo, serta pawai sepeda ontel. Tidak berhenti di situ saja, aksi bakti sosial juga memberi nilai plus lebih banyak lagi terhadap seluruh rangkaian acara.
Bupati MKP dalam sambutannya mengatakan bahwa pawai budaya seperti Purwasura ini sangat berpotensi untuk merekatkan hubungan antarsesama, di samping menguntungkan dari segi komersial di mana potensi pariwisata akan mendapat sorotan. “Saya sangat salut dengan usaha masyarakat untuk terus memelihara dan membentengi diri dari gerusan arus modernisasi. Dengan menguri-uri budaya seperti kirab Purwasura kali ini, identitas budaya Jawa khususnya akan terus lestari dan eksis. Saya berharap kemeriahan pesta budaya Purwasura ini tidak berlangsung sehari saja, kalau bisa seminggu penuh,” ungkap MKP.

            Kepala Desa Japanan, Harianto, dengan dukungan penuh seluruh aparat dan masyarakat sukses mengemas acara budaya ini dengan sangat apik dan menggoreskan cita rasa kolosal Kerajaan Majapahit pada masa lalu. Gelaran ini merupakan gawe Desa Japanan yang sudah berlangsung ketiga kalinya. “Kami ingin berpartisipasi menjaga kelestarian budaya Jawa yang penuh filosofi luhur. Semoga kami bisa terus konsisten membawa misi budaya ini sampai akhir jaman,” harap Harianto. (F.325) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment