Tuesday, September 8, 2015

BALANGAN BUMI SANGGAM

Pemkab Balangan Siapkan Grand Design
Untuk Mengembangkan Sektor Wisata

Danau Baruh Bahinu
KABUPATEN Balangan memiliki beberapa potensi wisata alam, baik berupa air terjun, bambu rafting, danau, goa batu, dan lainnya, yang sangat menarik untuk dijadikan tempat berwisata. Namun, hingga kini, pengembangannya masih dinilai minim.
Pengembangan obyek pariwisata harus memiliki satu kesatuan yang saling mendukung, saling menutupi dan saling melengkapi satu dengan lainnya. Bentuknya, berupa sajian rangkaian paket wisata yang beragam.
              Implementasinya, dengan semakin banyak obyek wisata, akan semakin besar peluang pengembangan pariwisata itu sendiri. Jangan sampai, memiliki obyek wisata yang banyak, tetapi tidak ada keragaman yang berujung pada kebosanan bagi wisatawan.
Untuk mengembangkan obyek pariwisata, membutuhkan adanya grand desain, sebab pariwisata tidak bisa hanya dibangun dengan komitmen saja.
Obyek wisata religi di Balangan
             Kabupaten Balangan memiliki potensi alam yang bisa dijadikan obyek wisata cukup banyak. Seperti Danau Baruh Bahinu (Wisata Alam) di Desa Baruh Bahinu Dalam, Kecamatan Paringin Selatan, Makam Datu Kandang Haji (Wisata Religi) di Desa Teluk Bayur, Kecamatan Juai, Gunung Hantanung (Wisata Alam) di Desa Sumsum, Kecamatan Awayan, Benteng Tundakan (Wisata Sejarah) di Desa Tudakan, Kecamatan Awayan, Desa Wisata Kapul (Wisata Budaya) di Desa Kapul, Kecamatan Halong, Air Terjun Manyandar (Wisata Alam) di Desa Aniungan, Kecamatan Halong, Gunung Hauk (Wisata Alam) di Desa Hauk, Kecamatan Tebing Tinggi, Taman Hijau Balangan (Wisata Alam) di Kecamatan Paringin, dan Masjid Al Akbar (Wisata Religi) di Kecamatan Paringin.
            Pembangunan pariwisata dilaksanakan secara bersama, dengan satu komitmen dari seluruh stakeholder. Sehingga tercipta jaringan dan rangkaian wisata yang mendukung.
Dengan adanya grand design rangkaian obyek wisata semakin cepat berkembang dan dapat mendukung keragaman potensi wisata yang ada.
           Dalam rangka memajukan dunia pariwisata, Pemerintah Kabupaten Balangan melalui Dinas Pemuda, Olah Raga, Pariwisata dan Budaya (Disporaparbud) Kabupaten Balangan bertekad untuk terus mempromosikan berbagai potensi alamnya tersebut. Dan mengambil langkah untuk melakukan pembenahan terhadap infrastruktur obyek-obyek wisata yang ada di Kabupaten Balangan.
Obyek wisata alam di Balangan
           Seperti yang diungkapkan oleh Kepala Disporaparbud Kabupaten Balangan bahwa kalau ingin memajukan ataupun menampilkan potensi  alam yang dimiliki, harus ada keseriusan semua pihak dalam mewujudkannya, karena tidak bisa sepenuhnya hanya diserahkan ke Disporaparbud saja. Harus ada dukungan dari semua stakeholder termasuk dari masyarakat.
           Wisata alam, jika dikelola dengan baik tentunya akan dapat mengangkat potensi daerah, baik dari sektor ekonomi, wisata dan budaya Balangan, sehingga menjadi tanggung jawab semua pihak dalam mewujudkannya.
           Untuk pengelolaan pariwisata tersebut, Disporabudpar Kabupaten Balangan sudah memiliki grand design wisata di Bumi Sanggam, yang selanjutnya akan didiskusikan bersama pihak-pihak dan instansi terkait dalam pengembangannya.
           Keberhasilan pengelolaan obyek pariwisata, meski sudah mempunyai grand design, tetapi masih memerlukan adanya dukungan dari semua pihak, lebih khusus instansi terkait.
Harus ada keseriusan dalam hal ini, karena untuk mengembangkan wisata ini harus ada perencanaan yang baik, agar memperoleh hasil yang maksimal.

           Apalagi di masa yang akan datang saat era tambang sudah berakhir, obyek wisata bias menjadi salah satu sumber untuk menambah pendapatan asli daerah. Karena obyek wisata sangat signifikan menambah Pendapatan Asli Daerah. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment