Wednesday, September 16, 2015

LINTAS ACEH

RIYANTI SUMBANG SARUNG SUNATAN MASAL

Riyanti, Sekretaris Komisi E DPRK Aceh Utara
BERTEMPAT di Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Nibong lokasi Kemukiman Simpang Paya, Kabupaten Aceh Utara, pada hari ke-6 Ramadhan 1436 Hijriah atau hari Selasa (23/6), berlangsung acara sunatan masal dengan sukses. Jumlah peserta sunatan masal tersebut dilaporkan mencapai 83 peserta, yang terdiri dari anak-anak usia SD dari 20 desa yang ada dalam Kecamatan Nibong. Nurzahri SKM, Kepala Puskesmas Nibong, menyampaikan kepada Abbas Gani dari FAKTA bahwa meski Puskesmas Nibong menerima laporan yang akan ikut serta sunatan masal sebanyak 83 anak, namun yang datang melangsungkan khitanan sebanyak 65 anak.
            Sunatan masal itu berlangsung dengan bantuan dana PNPM dari Kecamatan Nibong. Selain itu juga ada bantuan lain berupa sarung dari Riyanti, Anggota DPRK Aceh Utara (Sekretaris Komisi E) Fraksi PA Dapil IV Aceh Utara. Peserta khitanan masal pun mendapatkan jatah masing-masing 1 lembar kain sarung buat shalat dan satu kotak kue buat berbuka puasa.
Sewaktu melakukan pembukaan pelaksanaan sunatan masal, Camat Nibong, T Bustamam SSos, mengharapkan agar masyarakat Kecamatan Nibong berkenan melaksanakan acara sunatan masal setiap tahunnya ke depan nanti. Selain itu masyarakat Nibong juga dapat memanfaatkan keberadaan puskesmas sebagai tempat pengobatan diri dan kelurganya sehari-hari, karena puskesmas memang disediakan pemerintah sebagai tempat pengobatan masyarakat.
“Masyarakat jangan beranggapan obat-obatan yang disediakan pemerintah di pusmas kurang baik. Sebab obat-obatan yang diberikan oleh pemerintah kepada masyarakat itu lebih bagus ketimbang obat-obatan di pasar. Paling tidak, obat yang disediakan pemerintah itu sama kwalitasnya dengan obat-obatan di apotek,” kata Camat Nibong.
Kapolsek Nibong, AKP Abdullah Salihin, dalam sambutannya berpesan kepada masyarakat Nibong agar dapat memelihara ketertiban masyarakat, supaya gampong dan kecamatan selalu dalam keadaan aman dan damai. “Jika misalnya terjadi pencurian di desa yang tak mungkin diselesaikan di gampong, supaya kepala desa setempat segera melaporkannya kepada pihak kepolisian”.
Kepala Puskesmas Nibong, Nurzahri SKM, minta agar masyarakat jangan ragu-ragu dalam mengkhitankan anak-anaknya di puskesmas. Karena yang ditugaskan mengkhitan anak-anak adalah para petugas puskesmas yang senior, yang sudah sangat berpengalaman. “Jadi, masyarakat jangan beranggapan petugas khitan di puskesmas itu orang-orang yang sedang belajar, bukan. Kepala puskesmas sangat bertanggung jawab untuk itu, justru menugaskan untuk mengkhitankan khususnya petugas yang sudah berpengalaman,” kata Nurzahri SKM.
Kegiatan sunatan masal di Nibong dihadiri oleh Muspika Nibong, para orangtua dari anak-anak yang dikhitan, para imum mukim dalam Kecamatan Nibong, serta tokoh masyarakat setempat. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment