Tuesday, September 15, 2015

WATAMPONE RAYA

Kades Bulukumba Studi Banding BUMDES Ke Bandung

KEPALA Seksi Teknologi Tepat Guna dan Ekonomi Masyarakat (Kabid ITG dan EKMAS) Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah (BPMPD) Kabupaten Bulukumba, Andi Juanda, mengatakan, pihaknya akan melakukan studi banding ke daerah bersama sejumlah kepala desa terkait Bumdes, Kamis (4/6).
Menurutnya, saat ini sudah ada desa yang sudah melakukan pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Pembentukan BUMDES dilakukan oleh pemerintah desa dengan melakukan musyawarah tingkat desa guna menetapkan siapa yang menjadi pengurus BUMDES.
Sedangkan studi banding itu nantinya akan dilakukan di salah satu kecamatan di Bandung, Jawa Barat, untuk melihat pelaksanaan BUMDES di kawasan tersebut. “Mereka yang ikut studi banding akan belajar bagaimana mengoptimalkan BUMDES dengan baik,” katanya.
Menurut Juanda, pihaknya tidak membawa secara keseluruhan kades untuk studi banding melainkan hanya beberapa kades saja yang menjadi perwakilan tiap kecamatan. Kepala desa yang akan mengikuti studi banding tersebut yakni Kepala Desa Borong, Bantang, Barugu Riattang, Kambuno, Balangpesoang, Tibona, Salassae, Balangtaroang, Sapobonto, Karama, Bontoharu, Bontobangun, Bonto Lohe, Bonto Mate'ne, Bontomanai, Bulolohe, Pangalloang.
“Kami berangkat pada 10 Juni 2015 dengan berkunjung ke Desa Cimaung, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung, selama dua hari,” kata Juanda.
Andi Juanda berharap kades yag mengikuti kegiatan tersebut bisa memanfaatkan momen ini dengan baik supaya pengalaman yang didapat bisa diaktualisasikan di desanya masing-masing. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment