Tuesday, September 15, 2015

WATAMPONE RAYA

Pemkab Bantaeng Kembali Raih Medali Emas

PELAKSANA Tugas (Plt) Kepala SMA Negeri 1 Bantaeng, Drs H M Alam Nur MH, mengaku bangga karena pelajar SMA Negeri 1 Bantaeng kelas III Ipa, Irham Syarif (18) dan Ahmad Abrar (18), meraih medali emas dengan proyek sainsnya masker helm yang mampu menyerap timbal pada lomba internasional science project olympiad (ISPRO) di Jakarta. Irham dan Ahmad meneliti hal itu selama lima bulan dan pernah meraih medali emas pada kompetisi serupa tingkat nasional. Hasilnya berupa helm yang berasal dari daun nangka dan mahoni yang sangat mudah ditemukan.
Indonesia menyumbangkan 4 medali emas, salah satu di antaranya siswa SMA Negeri 1 Bantaeng sebagai juara dunia di bidang lingkungan. Medali emas yang diperoleh dikalungkan langsung oleh Dirjen Pendidikan Menengah Kemendikbud RI, Achmad Jazidie.
Olimpiade diikuti pelajar berusia 14-18 tahun dari 29 negara. Terdapat lima kategori yang bisa diikuti peserta ISPRO, yakni Biologi, Fisika, Kimia, Lingkungan dan Teknologi. Dalam kompetisi ini, peserta diminta menjelaskan proyeknya, mempertahankan dan menggunakan ide tersebut dalam teori dan praktik. Jika diperlukan peserta bisa membawa alat bantu audio visual. Peserta bisa menyertakan maksimal 10 karya dari satu negara, untuk setiap karya maksimal dikerjakan dua orang dan satu projek, supervisor setiap naskah yang dibawa peserta harus mengandung prinsip dan metodologi ilmiah. Beberapa kriteria penilaian juri mencakup pertanyaan tentang penelitian desain dan metodologi koleksi data analisis dan pemahaman kreativitas dan pemaparan.
H M Alam Nur berharap ke depan prestasi ini harus dipertahankan. Untuk itu dibutuhkan kepedulian terutama dari guru, komite sekolah sebagai perwakilan orangtua siswa dan yang terpenting dari pemerintah khususnya Pemkab Bantaeng sebagai penentu kebijakan untuk bersama-sama membangun pendidikan ke arah yang lebih baik lagi.
Sementara itu, Irham Syarifuddin dan Ahmad Abrar, siswa SMA Negeri 1 Bantaeng, berharap penelitiannya tersebut dapat memberikan sumbangsih dalam upaya menjaga lingkungan. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment