Sunday, September 13, 2015

WATAMPONE RAYA

LSKP Sulsel Riset Pemilih Di Jeneponto

LEMBAGA Study Kebijakan Publik (LSKP) Sulsel melakukan riset atau penelitian tentang partisipasi pemilih di beberapa kabupaten/kota di Sulawesi Selatan, Kamis (4/6). Peneliti LSKP, Saiful, yang juga mantan Ketua Panwaslu Kabupaten Jeneponto, mengatakan, tujuan riset itu untuk mengetahui masalah yang muncul terkait partisipasi pemilih mendatang.
“Khusus Jeneponto, tema riset yang kami angkat yakni terkait kehadiran dan ketidakhadiran pemilih di TPS. Sebab ini tidak terlepas dari pengalaman penyelenggaraan pemilu di Jeneponto sejak 2013 hingga 2014,” katanya.
Menurut Saiful, pengalaman pemilu yang dilaksanakan di Jeneponto yakni angka pemilih yang datang menggunakan hak suaranya pada hari pemilihan tergolong sangat rendah dibandingkan tingkat partisipasi pemilih di kabupaten/kota lainnya di Sulsel.
Dia mengaku, metode riset yang dilakukannya yakni wawancara langsung dengan media, LSM, pemilih pemilu, unsur perempuan dan unsur mantan penyelenggara pemilu. Termasuk pimpinan parpol, anggota legislatif, calon legislatif, tokoh agama, akademisi, kesbang, dan pihak-pihak terkait lainnya.
Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama dengan pihak Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Lembaga Study Kebijakan Publik (LSKP) terhitung sejak Mei - Juni 2015. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment