Saturday, September 19, 2015

LINTAS BATAM

PDI Perjuangan Segera Buka Pendaftaran

Calon Kepala Daerah-Wakil Kepala Daerah

Dr H M Soerya Respationo SH MH,
Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri yang juga Wakil Gubernur Kepri
PASKA Kongres PDI Perjuangan di Bali, DPD dan DPC PDI Perjuangan se-Provinsi Kepri segera membuka pendaftaran calon kepala daerah-wakil kepala daerah. Ketua DPD PDI Perjuangan Provinsi Kepri yang juga Wakil Gubernur Kepri, Dr H M Soerya Respationo SH MH, mengatakan, ia akan meminta Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri yang juga Walikota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah, segera menyiapkan pengumuman secara resmi tentang hal itu.
“Bapak Lis Darmansyah akan membuat secara resmi pengumuman penjaringannya. Prosesnya nanti siapa yang berminat datang ke kantor DPD dan menyatakan diri ikut untuk kursi apa. Syarat-syarat yuridisnya akan kami minta,” ujar Soerya saat ditemui usai peninjauan UN di Batam, Senin (1/4).
H Lis Darmansyah, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri yang juga Walikota Tanjungpinang
Di tingkat kabupaten/kota, penjaringan akan dilaksanakan masing-masing DPC. Calon kandidat yang lolos syarat formal akan dibawa ke tingkat penjaringan di DPD untuk interview, baru kemudian diusulkan namanva ke tingkat DPP. Sedangkan untuk pemilihan calon gubernur-wakil gubernur akan dilaksanakan di DPD dan langsung dibawa ke DPP.
“Saya petugas partai, pilih calon pasangan boleh, tapi untuk menentukan tidak boleh. Yang pasti komunikasi intens hanya ke Ansar dan Nurdin,” ucap Soerya.
Meski belum merapatkan soal time schedule untuk proses penjaringan, tapi sesuai arahan Kongres di Bali, saat ini PDI Perjuangan konsentrasi pada pemenangan pilkada di seluruh daerah. Secara nasional, PDI Perjuangan mentargetkan menang di 50 persen daerah.
“Kalau di Kepri sekarang kan yang jadi kepala daerahnya baru Bapak Lis Darmansyah, nanti harus ditambah lagi. Untuk wakil belum ada, maka harus ada tahun ini. Untuk tingkat Kepri sudah ada wagub, harus naik jadi gubernur,” kata dia.
Soerya mengungkapkan bahwa ketua umum (Megawati Soekarnoputri) meminta pengurus partai di masing-masing provinsi dan kabupaten/kota untuk melakukan penguatan di daerahnya masing-masing agar partai tidak kehilangan kaki.
Disinggung mengenai kedatangan Nurdin Basirun dalam Kongres PDI Perjuangan, Soerya mengatakan hal itu belum menjadi patokan keputusan partai bahwa dirinya akan bersanding dengan Nurdin dalam Pilgub Kepri 9 Desember 2015 nanti. Namun, Soerya mengungkapkan bahwa Nurdin yang datang dengan rombongan DPC Karimun dalam Kongres itu sudah dapat dikategorikan sebagai simpatisan PDI Perjuangan.
“Datang iya, saya lihat pakai baju merah. Pak Nurdin sudah bisa jadi simpatisan. Tapi belum resmi masuk PDI Perjuangan. Pak Ansar juga belum. Bahasanya bukan masuk, tapi mendaftar lewat PDI Perjuangan,” ucap Soerya. (F.947)

No comments:

Post a Comment