Saturday, September 19, 2015

LINTAS BERITA MEULABOH

Uang Kebersihan Diterima Tapi Terminal Tidak Pernah Dibersihkan

Selokan terminal yang dipenuhi sampah
TERMINAL bus yang terletak di tengah-tengah Kota Meulaboh, tepatnya di Jalan Singgah Mata 1 Gampong Kuta Padang, Kecamatan Johan Pahlawan, Kabupaten Aceh Barat, nampak kotor terutama selokannya dipenuhi sampah dan tak kunjung dibersihkan oleh petugas kebersihan setempat.
Menurut salah seorang petugas kebersihan terminal kepada Andri S dari FAKTA yang berkunjung ke terminal itu pada Jumat (24/7), dulu sewaktu ia masih aktif bekerja sebagai tukang sapu di terminal bus tersebut suasana terminal terlihat bersih dan asri. Walaupun gaji yang diberikan oleh Dinas Perhubungan kepadanya saat itu tidak seberapa, namun terminal tetap dibersihkannya. Begitu juga dengan loket-loket penjual tiket bus yang ada di terminal, dibersihkannya pula. Meskipun para pemilik loket tahu diri sehingga memberikan uang kebersihan melalui petugas LLAJ setempat namun uang itu tidak pernah diberikan kepada petugas kebersihan. Melainkan malah ‘dimakan’ oleh petugas LLAJ tersebut. “Petugas LLAJ itu mengatakan kepada saya kalau orang loket bertanya kepada saya apa uangnya sudah diterima, katakan saja sudah. Padahal saya tidak pernah menerimanya,” aku mantan petugas kebersihan di terminal.
Informasinya, uang kebersihan dari para pemilik loket di terminal masih terus diterima oleh petugas LLAJ dan tidak pernah diberikan kepada petugas kebersihan. Petugas LLAJ itu sudah benar-benar ‘makan keringat’ petugas sapu terminal. Pejabat yang berkompeten harus segera mengambil tindakan tegas terhadap petugas LLAJ yang ‘makan’ uang petugas kebersihan terminal tersebut.
Selain itu terminal juga tidak pernah dibersihkan sehingga selokannya dipenuhi dengan sampah. Pihak Dinas Perhubungan sebagai penanggung jawab terminal pun tidak pernah memperhatikan keadaan tersebut. Sepertinya mereka lupa kalau selokan yang tersumbat sampah bisa menjadi sarang nyamuk dan menjadi pemicu berbagai macam penyakit di musim kemarau. Dan jika musim hujan tiba bisa memicu banjir. Apalagi, menurut Islam, kebersihan adalah sebagian dari iman. (F.984) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment