Saturday, September 12, 2015

MADURA RAYA

LAYANAN BTPN SUMENEP UNTUK PENSIUNAN,
MENGGEMBIRAKAN & MENJANJIKAN

BTPN (Bank Tabungan Pensiunan Negara) merupakan lembaga penerimaan uang pensiunan satu-satunya di Kabupaten  Sumenep. Di pihak lain budaya/tradisi para pensiunan yang sulit dihindarkan adalah keinginan mereka yang sangat kuat untuk mengambil uang pensiunannya pada tanggal 1 (satu) setiap bulan. Padahal di hari berikutnya masih banyak kesempatan.  
Pada setiap tanggal 1 (satu), pukul 00.00 WIB atau tengah malam  sampai  dengan jam 4 pagi, satu per satu pensiunan berdatangan tanpa memperhatikan dinginnya angin malam.
Mereka berjejer di pintu pagar untuk ngambil nomer antrian agar di pagi hari dana pensiunnya dapat segera dicairkan. Untuk memenuhi keinginan mereka itu para petugas BTPN yaitu satpam pada jam 4 pagi  terpaksa sudah membagikan
nomor antrian di dalam pagar kepada mereka  yang berjejer di sepanjang luar pagar. Karena nomornya terbatas, seiring dengan waktu pencairan, sering terjadi sebagian  dari mereka tidak dapat nomor antrian walaupun sudah berdiri berjam-jam lamanya.
Supaat, Pimpinan BTPN Sumenep
Sejak April 2014, pimpinan BTPN Sumenep yang baru, Supaat, telah mengadakan pembenahan-pembenahan. Di antaranya, yang semula mengantri  nomor di luar pagar sekarang diharuskan masuk di halaman  dalam  Kantor BTPN dan disiapkan kursi sehingga bagi mereka yang datang lebih dulu dapat duduk dengan santai di kursi yang bernomor dan dijejer di halaman Kantor BTPN Sumenep. Pada jam 6 pagi nomor antrian baru dibagikan sesuai dengan nomor kursi yang diduduki. Keuntungan yang diraih para pensiunan bahwa mereka dapat mengambil nomor antrian setelah shalat Subuh dan mereka dapat memilih nomor  sesuai dengan yang diinginkan. Walaupun mereka tidak perlu pulang dulu karena sekitar pukul 06.30 WIB, kasir sudah dibuka. Sedangkan pelayanan kasir berjalan  cukup  cepat. Kalau punya antrian nomor 200 jangan datang  jam 9 pagi bisa  terlambat dan harus ambil nomor antrian lagi.
Pemantauan FAKTA lebih lanjut bahwa untuk pengajuan pinjaman kredit  di BTPN Sumenep dapat ditunggu paling lama sekitar 2  jam sudah bisa cair dan bila member amplop berisi uang kepada petugas bank akan ditolak.
Informasi lebih lanjut bahwa akan dibentuk Komunitas Pensiunan BTPN yang tujuannya untuk menampung para pensiunan yang  berdagang dan berwiraswasta.
Supaat, Pimpinan BTPN Sumenep, saat dikonfirmasi Amin Djakfar dari FAKTA mengatakan dengan singkat,”Kami hanya berusaha meningkatkan  pelayanan. Dan dengan fasilitas-fasilitas yang ada pada kami, diupayakan untuk  dapat meningkatkan taraf hidup para pensiunan. Semoga masyarakat pensiunan dapat memahami itikad baik kami ini”.  (F.787) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment