Tuesday, September 8, 2015

TANAH BUMBU

85% Rumah Tangga Manfaatkan Lahan Pekarangan

85% rumah tangga mulai sadar akan pentingnya
memanfaatkan lahan pekarangan
HAMPIR sekitar 85% rumah tangga yang berada di kawasan Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanah Bumbu, Provinsi Kalimantan Selatan,  saat ini mulai sadar akan pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis tanaman produktif.
Demikian disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak PKK (TP PKK) Kabupaten Tanah Bumbu (Tanbu), Hj Erwinda Mardani, dalam acara penilaian lomba Halaman Teratur dan Nyaman (HATINYA) PKK Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) di Desa Batulicin Irigasi, Kecamatan Karang Bintang, Kabupaten Tanbu. Penilaian lomba HATINYA PKK sekaligus juga dirangkaikan dengan sejumlah penilaian lomba desa yang lain, yaitu lomba Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dan lomba Pemanfaatan Tanaman Obat Keluarga (TOGA).
Tim penilaian lomba dipimpin langsung Sekretaris TP PKK Kalsel, Hj Isnaina Arbainsyah, didampingi sejumlah petugas dari Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Tanbu.
Hj Erwinda Mardani menyambut baik kedatangan tim penilaian lomba tersebut. Proses penilaian lomba diharapkan jadi wahana bagi masyarakat Tanbu untuk menambah wawasan dalam upaya mengelola lahan pekarangan rumah agar lebih bermanfaat. “Sehingga menjadi salah satu alternatif tambahan penghasilan untuk memenuhi kebutuhan keluarga,” jelas Erwinda Mardani.
Erwinda menambahkan, soal upaya pemanfaatan lahan pekarangan rumah hakekatnya selama ini pemerintah daerah bersama PKK selalu gencar melaksanakan pembinaan ke desa-desa. Hasilnya pun saat ini cukup menggembirakan, seiring banyaknya masyarakat yang mulai sadar akan pentingnya memanfaatkan lahan pekarangan rumah untuk ditanami jenis tanaman sekaligus usaha perikanan dan peternakan sebagai penunjang memenuhi kebutuhan keluarga.    
Terkait upaya penilaian lomba itu sendiri, jelas Erwinda, juga menjadi salah satu bagian kinerja pemerintah daerah untuk dapat memotivasi masyarakat pedesaan agar lingkungan tempat tinggal mereka menjadi lebih bersih dan sehat.
Kondisi ini diharapkan akan tetap terjaga demi mendorong terwujudnya generasi anak bangsa yang sehat dengan kehidupan keluarga yang lebih sejahtera.

“Kesehatan keluarga juga menjadi perhatian serius bagi pemerintah daerah. Cita-cita ini sinergi dengan visi-misinya selama ini yang menginginkan terwujudnya masyarakat yang sehat, cerdas, dan berkualitas atau berdaya saing tinggi,” kata Erwinda mengakhiri sambutannya. (F.611) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment