Saturday, September 5, 2015

ANEKA BERITA LHOKSEUMAWE : KAMAR TAHANAN HARUS SENANTIASA BERSIH

Drs H Elly Yuzar MH
LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kota Lhokseumawe sekarang dipimpin oleh Drs H Elly Yuzar MH yang sebelumnya sudah menjadi kalapas di berbagai daerah dan pernah mendapat penghargaan dari Menteri Hukum dan HAM.
Saat ditemui Aulia Masniary alias Cici dari FAKTA, Drs H Elly Yuzar MH mengatakan bahwa yang menghuni sel adalah manusia dan wajar kalau mereka itu tetap harus kita hargai dengan cara setiap sel yang dihuni haruslah bersih dan rapi, sehingga rumah tahanan terkesan tidak jorok.
“Saya akan tangani Lapas Lhokseumawe ini agar terkesan tidak angker. Karena lapas bukan saja dihuni oleh para napi, tapi tamu juga silih berganti masuk ke sini. Maka lapas ini haruslah bersih,” katanya.
Tidak banyak yang dituturkan Pak Yuzar pada FAKTA, namun dia mengutarakan bahwa rumusnya kalau lingkungan bersih maka jiwa kita juga akan turut bersih. “Kan manusia tak luput dari kesalahan,” katanya penuh makna.
Lebih lanjut  Pak Yuzar menceritakan bahwa mulai tahun l992 ia bertugas di Sumatera Barat, kemudian tahun 2007 ia menjadi Kepala Rutan Lubuk Sikaping. Setelah itu 2007-2009 sebagai Kalapas Terbuka Kasaman Barat, dan di tahun itu pula berhasil mendapat penghargaan dari Menkum dan HAM. Selanjutnya 2009-2011 sebagai Kalapas Solok. Lalu 2011-2013 menjadi Kalapas di Padang dan mendapat penghargaan lapas percontohan dari menteri. Berikutnya tahun 2013-2015 pindah ke Pekanbaru sebagai Kabid Pembinaan dan Keamanan di Kantor Wilayah Depkum dan HAM Riau. Ia juga pernah menjadi Kalapas Bengkalis tapi hanya 6 bulan. Setelah itu di bulan Juni 2015 dilantik menjadi Kalapas Kota Lhokseumawe.
Di Lapas Lhokseumawe, Pak Yuzar mengaku ingin berbuat sebaik mungkin. Contohnya, merapikan kamar-kamar sel tahanan sehingga napi di dalam tahanan pun akan merasa nyaman. “Bagi saya kebersihan itu indah,” katanya. (F.841) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment