Thursday, May 15, 2014

SURABAYA RAYA : DINAS PENDIDIKAN KOTA DEPOK STUDY BANDING KE SMAN 10 SURABAYA

(kanan) Kepsek SMAN 10 Surabaya, Drs H M Sukron AP MM, saat menerima cinderamata dari Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Kota Depok, Siti Choiriyah 

SUDAH tak terhitung berapa jumlah siswa inklusi (ABK) SMAN 10 Surabaya yang meraih sukses dan menjuarai berbagai ajang lomba baik non akademis maupun akademis tingkat kota, provinsi, nasional dan internasional dari tahun ke tahun. Dan sudah tak terhitung lagi berapa jumlah siswa inklusi SMAN 10 Surabaya yang meraih sukses diterima di berbagai PTN favorit di Indonesia, seperti UI, Unesa, Unair, dan lain-lain dari tahun ke tahun. Dengan sederet prestasi tersebut, banyak pihak merasa kagum serta simpati yang kemudian berkunjung atau melakukan study banding tentang pengelolaan program inklusi di SMAN 10 Surabaya yang dianggapnya berhasil.
           Tak tanggung-tanggung para tamu agung pun datang ke SMAN 10 Surabaya yakni Wakil Mendikbud Bidang Pendidikan, Musliar Kasim, Gubernur Jatim, Soekarwo, Kadikbud Jatim, Harun, Kadispendik Kota Surabaya, Iksan, Kapolda Jatim, Irjen Pol Unggung Cahyono, Koordinator Satuan Pendidikan UNESA, Muchlas Samani, dan lain-lain. Mereka melakukan sidak saat UNAS lalu yang juga diikuti pula sejumlah siswa inklusi SMAN 10 Surabaya. Tak ketingaalan pula pada hari yang lain pihak Dinas Pendidikan Kota Depok, Jabar, juga kepincut program inklusi SMAN 10 Surabaya yang dianggapnya berhasil dalam pengelolaannya. Mereka yang terdiri dari Kabid Dikmen, Siti Choiriyah, Kabid Dikdas, Kabid Formal & Non Formal, Kasie SMA, Kasie SMP, Kasie SD, Kasubag PNP, Kepala UPT, Kepala SMAN, Kepala SMKN, Kepala SMPN dan Pengawas datang jauh-jauh dari Jabar untuk mempelajari pengelolaan program siswa inklusi dan sistem PPDB di SMAN 10 Surabaya, akhir April lalu.
           Rombongan 51 orang dari Dinas Pendidikan Kota Depok itu pun sangat kagum dan terpana tatkala dengan gamblangnya Kepsek SMAN 10 Surabaya, Drs H M Sukron AP MM, beserta jajarannya memaparkan tentang seluk-beluk pengelolaan siswa inklusi di SMAN 10 Surabaya dari tahun ke tahun. Mulai dari proses penggodokannya sampai akhir proses nyata, siswa inklusi berhasil meraih prestasi terbaiknya, seperti meraih juara fisika, kimia, biologi, matematika, menyanyi, dan lain-lain. Mulai di tingkat kota sampai nasional (OSN).
          Dengan pemaparan itu akhirnya rombongan Diknas Pendidikan Kota Depok tersebut merasa puas dan berniat akan mengembangkan resep-resep atau metode pengelolaan siswa inklusi SMAN 10 Surabaya di daerahnya.
          Sementara itu, pada akhir bulan April pula akan datang tamu lain dari Australia yang notabene juga berkeinginan untuk mengadakan study banding atau mempelajari metode pengelolaan program siswa inklusi di SMAN 10 Surabaya. (F.543) majalah fakta online


No comments:

Post a Comment