Friday, May 9, 2014

ADVETORIAL : BANGUN SADAR WISATA, BADUNG SISIHKAN 10% PHR KE DESA

APBD Kabupaten Badung tahun 2014 sebesar Rp 3,2 trilyun dan PAD-nya mencapai Rp 2,1 trilyun. Sebagai pemberi kontribusi terbesar bagi PAD Badung bersumber dari sektor pariwisata melalui pajak hotel dan restoran (PHR). Begitu antara lain disampaikan I Gst Ngr Oka Darmawan, Asisten Administrasi Umum, didampingi Kabag Humas dan Protokol, A A Gede Raka Yuda, saat mendampingi Bupati Badung, A A Gde Agung, yang juga didampingi Sekda Badung, Kompyang R Swandika, menerima rombongan Bupati Belitung di Ruang Kriya Gosana pada Rabu (23/4).
Secara umum, Oka Darmawan juga menjelaskan kondisi wilayah Kabupaten Badung. Di mana terdapat tiga sektor yang menjadi andalan, yakni pariwisata budaya yang didukung sektor pertanian dalam arti luas dan industri kecil serta UMKM. Dalam pengembangan pariwisata, selain pariwisata budaya, Badung juga mengembangkan wisata MICE (Meeting, Insentive, Converence, Exebition), serta dikembangkan desa wisata di Badung Utara. Guna membangun budaya wisata, Pemkab Badung melalui Disparda senantiasa mengembangkan kapasitas masyarakat dengan membentuk kelompok-kelompok sadar wisata. Mendorong pertumbuhannya, serta pertumbuhan ekonomi masyarakat, Pemkab Badung menyisihkan sebesar 10% pendapatan pariwisata yang diserahkan kepada desa.
“Dalam mengelola keuangan daerah, Pemkab Badung selalu mentaati azas-azas dan aturan yang berlaku. Dari ketaatan dalam penggunaan anggaran tersebut Badung mampu meraih opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari BPK RI serta LAKIP Badung meraih nilai B,” ujar Oka Darmawan.
Sementara itu, Bupati Belitung, H Sahani Saleh SSos, pada kunjungan kerja bersama Ketua DPRD Belitung, Andi Saparudin Lanna SH, beserta sejumlah pejabat, anggota DPRD dan awak media massa Kabupaten Belitung, memaparkan tujuan kunjungan kerjanya tersebut. Disebutkan bahwa dalam rangka bertukar informasi khususnya dalam bidang pengembangan kepariwisataan, perikanan kelautan serta UMKM, ia berharap dari kunjungannya tersebut dapat memotivasi Pemkab Belitung dalam meningkatkan pembangunan di segala bidang khususnya pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Belitung.
Ia yang mengajak serta awak media massa Kabupaten Belitung, juga memaparkan secara umum wilayah Kabupaten Balitung. Juga memaparkan potensi wilayah yang dimiliki, di antaranya sektor pariwisata sebagai sektor unggulan dan sektor perikanan serta perkebunan sebagai sektor penunjang pariwisata. “Kabupaten Belitung juga memiliki keanekaragaman budaya dan suku bangsa yang hidup berdampingan. Keanekaragaman suku inilah salah satu andalan kami sebagai daya tarik wisata. Dan dengan keragaman suku ini juga kami ingin menjadikan Belitung sebagai miniaturnya Indonesia," jelas Bupati H Sahani. (F.915) majalahfaktaonline.blogspot.com
Bupati Badung, Anak Agung Gde Agung (kiri), menerima cinderamata dari 
Bupati Belitung, H Sahani Saleh, saat berkunjung ke Puspem Badung, Rabu (23/4)

No comments:

Post a Comment