Tuesday, July 29, 2014

WATAMPONE RAYA : PELAYANAN TKI ONLINE MULAI DIFUNGSIKAN DI BANTAENG

DINAS Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dissosnakertrans) Kabupaten Bantaeng mulai memfungsikan pelayanan secara online untuk membantu para pencari kerja mengakses lowongan kerja baik di dalam maupun di luar negeri.
Kepala Dissosnakertrans Bantaeng, Syahrul Bayan, mengatakan, ruang Pelayanan dan                            Informasi Tenaga Kerja Bantaeng yang berada di Kantor Dissosnakertrans kini mulai beroperasi. “Kami akan selalu siap melayani dalam hal memberikan informasi peluang kerja baik itu dalam negeri maupun luar negeri melalui sistem komputerisasi dengan sistem bursa kerja online dan SISKOTKIN (Sistem Komputerisasi Tenaga Kerja Luar Negeri),” katanya.
              Syahrul Bayan menambahkan bahwa alat ini adalah bantuan dari Direktorat Jenderal Bina Penta Kemenakertrans RI dan BNP2TKI. Menurutnya, sejak 2011 lalu terdapat 15 kasus TKI yang meninggal dunia karena kecelakaan kerja dan sakit. Hanya terdapat 3 kasus yang jenasahnya tidak dapat dikembalikan ke tanah air karena TKI ilegal. “Untuk meminimalisir terjadinya masalah itu maka pelayanan TKI online ini akan kami optimalkan,” jelasnya.    .
              Masih menurutnya, semua TKI yang meninggal pada umumnya telah diberikan asuransi TKI dari PT Paladin Internasional, bahkan ada ahli warisnya yang juga menerima asuransi dari Malaysia. Sehingga hal ini dapat membantu meringankan beban keluarga TKI khususnya para ahli warisnya. “Ke depannya kita upayakan agar tidak ada lagi TKI ilegal dari Bantaeng yang mencari kerja di luar negeri,” kata Syahrul Bayan yang akrab disapa SBY ini. (F.566) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment