Wednesday, July 2, 2014

LINTAS ACEH : JALUR PIPA GAS DARI CLUSTER IV MENUJU CLUSTER A TIMBULKAN POLUSI DEBU

SEJAK dikerjakannya pemasangan pipa gas oleh PT BAKRIE PIPE Industries Co QQ dan PT PERTAMINA GAS selaku Pelaksana Proyek Pembangunan Pipa Gas dari Sout Lhoksukon “A” Pasee menuju ke Belawan, Sumatera Utara, tanggal 4 Februari 2014 sampai sekarang jalur Pipa Exxon Mobil sepanjang 32 km itu penuh dengan polusi debu. Terlebih lagi di musim panas (kemarau panjang) yang melanda Aceh Utara saat ini setiap waktu jalan itu dibalut debu oleh mobil-mobil truk dan alat berat pengerjaan jalan milik PT Pertamina Gas Arun – Belawan tersebut.
Mobil pengontrol pekerjaan, mobil pengantar peralatan pekerjaan dan mobil antar jemput para pekerja, setiap saat menimbulkan polusi debu yang membuat putih seluruh badan para pengguna jalan itu. Terlebih lagi mereka pengguna jalan yang mengenderai sepeda motor, sepeda, maupun pejalan kaki. Jalan tersebut setiap hari siang maupun malam dilintasi oleh penduduk sekitar, dari Gampong Sereuke, Blok “A” dan Blok “B” Gampong Tanah Merah, Kecamatan Langkahan, Aceh Utara, menuju Cot Girek, Alueu Seumambu, Batu 12 dan Lhoksukon, maupun kebalikannya pulang dan pergi setiap hari.
Peliput berita  Majalah FAKTA yang bertugas di Aceh Utara, ketika melintas jalan len pipa dari Simpang Jalan Cot Girek menuju Seureke di lintasan jalan len pipa tersebut juga ikutan mandi debu. “Seluruh badan dan kendaraan roda dua yang kami gunakan putih terbalut debu. Sebaiknya jalan lintasan Len Pipa Cluster IV menju South Arun Pase itu disirami air setiap hari agar debunya tidak berpolusi kepada pengguna jalan”.
Namun, sampai sekarang belum ada kebijakan dari pihak Pertamina maupun Exxon Mobil (pihak yang terkait), untuk meredam debu yang melanda pengguna jalan, dan berpolusi bagi kampung-kampung di sekitarnya. Begitulah salah satu dampak proyek vital yang diprakarsai oleh tenga-tenaga asing itu, kedatangan proyek membuat kehidupan masyarakat sekitar jadi tidak nyaman dan tidak sehat. (F.434) majalah fakta online
Debu beterbangan dilalui truk di jalan len pipa Exxon Mobil dan
p
ipa-pipa dari Cluster “A” South Arun Pase Lhoksukon menuju Belawan, Sumut, yang akan ditanam di jalan

No comments:

Post a Comment