Saturday, July 26, 2014

LINTAS PAPUA : MIRAS PEMICU KRIMINALITAS DI POLSEK JAYAPURA SELATAN

BERKAITAN dengan gangguan kamtibmas, tingginya angka kriminalitas di Polsek Jayapura Selatan penyebabnya dari miras. Dengan adanya pembongkaran kios penjual miras dengan sendirinya angka kriminalitas menurun, terutama kasus penganiayaan yang disebabkan oleh miras.
“Kami sangat berterima kasih kepada Walikota Jayapura, Drs Benhur Tommy Mano MM, yang telah menjadikan Kota Jayapura meraih penghargaan Adipura pertama dan kedua pada 5 Juni 2014, yang sudah membersihkan lapak, kios dan bangunan rumah yang kita anggap illegal. Selama ini kami pihak keamanan bekerja sama dengan Satpol PP Kota Jayapura. Anggota yang kita kerahkan dari Polsek 1 peleton diback up dari Polresta 1 SSK, 100-an anggota pukul 08.00 WIT kita sudah apel, semua kegiatan berjalan dengan baik,” papar Kapolsek Jayapura Selatan, Kompol Y Takamully SH MH, kepada Edi Sasmita dari FAKTA.

Sedangkan Kepala Satpol PP Kota Jayapura, Dominggus Rumaropen SSos, mengatakan bahwa pertemuan dengan pemilik kios sudah banyak kali dilakukan, dimulai tahun 2012. Lapangan Ampas bekas terminal lama, sangat kumuh, ada kesepakatan bersama untuk dirapikan. Tahun 2013 beberapa kali pertemuan dilakukan untuk menertibkan tempat itu. Wilayah Jayapura Selatan perlu ada keseimbangan, tempat kumuh kita tata, persiapan terminal tipe A di pusat kota sesuai arahan dan petunjuk Walikota Drs Benhur Tommy Mano MM, kita bisa negosiasi, pendekatan, persuasif, sudah dilalui dari tahapan komunikasi. Sebagian besar mereka mengerti bahwa tanah ini asset pemkot. Tanggal 19 Juni Satpol PP Kota sudah turun di sini mengecek kondisi awal bagaimana kondisi masyarakat kita di sini dan tanggapan mereka. Tanggal 20-22 Juni tempat ini ditertibkan. “Puji Tuhan mereka mendukung, mengambil inisiatif dengan membongkar sendiri kios dan lapaknya sebanyak 73 lapak kios dan 30 rumah. Kita komunikasikan kalau mengangkut barang-barang mereka kita siapkan kendaraan, kita bantu semua yang diperlukan sesudah pembongkaran,” ujar Dominggus. (F.867) web majalah fakta / majalah fakta online
Saat berlangsung penertiban kios-kios

No comments:

Post a Comment