Thursday, July 3, 2014

ANEKA BERITA : PERESMIAN KASM DI SMAN 16 SURABAYA

DENGAN sigap dan cekatan, siswa-siswi yang tergabung dalam tim climbing SMAN 16 Surabaya memberikan tontonan yang sangat menarik, bisa bikin dag-dig-dug jantung berdebar-debar bagi sebagian orang yang menontonnya. Mereka mencengkeram benda bulat-bulat, bergelayutan dari bagian satu ke bagian lainnya di atas tiang besi berpapan puluhan meter di atas tanah ibarat mendaki sebuah bukit atau pegunungan.
            Aksi tim climbing siswa SMAN 16 Surabaya itu tak urung sempat mencuri perhatian Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, Kepala Diknas Surabaya, Dr M Ikhsan, beserta rombongan dan para undangan yang hadir, saat melintas dan kemudian menyalami siswa SMAN 16 Surabaya berjaket biru yang berderet berdiri kanan-kiri dengan membawa bendera kertas merah-putih, untuk menuju halaman tengah SMAN 16 Surabaya guna meresmikan program Kran Air Siap Minum (KASM) bekerja sama dengan PDAM Surya Sembada Surabaya.
            Lalu giliran “robin hood” SMA Negeri 16 Surabaya, atlit pemanah nasional dan internasional, Della Adisty Handayani, siswa kelas XI SMAN 16 Surabaya yang tak lain juga puteri dari mantan atlit pemanah kawakan nasional dan internasional, Lilis Handayani, mempertontonkan kehebatannya di hadapan Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, Kadiknas Surabaya, Dr M Ikhsan beserta rombongan dan para undangan. Dengan anggun dan tanpa kesulitan apa pun, Della berhasil melepaskan anak panah dari busurnya mengarah pada 2 balon yang terkait di masing-masing spanduk dan menempel di tiang besi berpapan setinggi puluhan meter. Duarrr….!
            Satu per satu balon itu pun meletus dan spanduk pun terurai ke bawah, yang kemudian muncul tulisan,”KASM PDAM Ikut Serta Mewujudkan Program Pemerintah Kota Surabaya Dalam Menjaga Lingkungan Hijau Dan Bersih”. Spanduk yang satunya lagi bertuliskan,”KASM Menciptakan Generasi Muda Yang Sehat, Cerdas Dan Peduli Lingkungan”.
Aksi Della membuat decak kagum semua undangan yang hadir dan aplaus pun terus membana. Apalagi antara Della dengan tiang besi berpapan sebagai sasarannya saat memanah jaraknya ratusan meter.
Dalam kata sambutannya, Kepsek SMAN 16 Surabaya, Drs Sudarminto MPd, mengucapkan terima kasih kepada Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, Kadiknas Surabaya, Dr M Ikhsan, beserta para undangan lainnya seperti Danramil, Kapolsek Tenggilis Mejoyo, tokoh masyarakat, puskesmas, sejumlah pejabat kelurahan sekitar, kepala sekolah sekitar, dan lain-lain. Tak lupa pula Kepsek SMAN menyatakan siap merawat semaksimal mungkin kran air siap minum yang diresmikan Walikota Surabaya di sekolahnya tersebut akhir Mei lalu.
            Sementara itu Walikota Surabaya, Ir Tri Rismaharini MT, dalam kata sambutannya mewanti-wanti kepada seluruh siswa SMAN 16 Surabaya agar tidak putus dalam menempuh hidupnya, khususnya dalam melanjutkan pendidikannya serta cita-citanya. Karena Tuhan Yang Maha Esa telah memberikan kepada umatnya peluang dan kesempatan yang sama.
            Pada acara selanjutnya, Walikota Surabaya secara simbolis memberikan souvenir kran air siap minum kepada Kepala SMAN 16 Surabaya, Drs Sudarminto MPd, Kepala SMPN 30 Surabaya, Drs Tumarni MM, Camat Jambangan, Drs Nono Indroyono, dan pejabat Dishub Surabaya – mewakili Terminal Bratang. Sejurus kemudian dengan diiringi grup paduan suara siswa-siswi SMAN 16 Surabaya yang pernah meraih juara 2 se-Jatim, Walikota Surabaya melakukan pengguntingan pita sekaligus meminum langsung air yang keluar dari kran air siap minum tersebut.
            Dalam kesempatan yang sama, usai acara peresmian kran air siap minum itu, Kepsek SMAN 16 Surabaya, Drs Sudarminto MPd, kepada sejumlah awak media menjelaskan bahwa keberhasilan para siswa SMAN 16 Surabaya dalam pengelolaan bidang lingkungan hidup sudah lama penggemblengannya, sehingga program peduli lingkungan yang bersih, hijau dan hemat air sudah terasa biasa menggaung di SMAN 16 Surabaya. (F.543) majalah fakta online
Drs Sudarminto MPd, Kepsek SMAN 16 Surabaya

No comments:

Post a Comment