Thursday, July 3, 2014

ANEKA BERITA : OKI 3 KALI BERTURUT-TURUT RAIH WTP

PENYELENGGARAAN pemerintahan yang baik atau good governance menjadi komitmen Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Provinsi Sumsel. Salah satunya melalui penyelenggaraan akuntabilitas keuangan daerah. Langkah Pemkab. OKI dalam melaksanakan reformasi birokrasi ini diapresiasi oleh BPK RI Perwakilan Provinsi Sumatera Selatan dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) 3 kali berturut-turut sejak tahun 2011.
             Opini WTP yang merupakan standar akutansi tertinggi yang diberikan BPK terhadap pelaporan keuangan pemerintah daerah ini diserahkan oleh Kepala BPK RI Perwakilan Sumatera Selatan kepada Bupati OKI, Iskandar SE, dan Ketua DPRD OKI, H M Yusuf Mekki SSos, di Kantor BPK RI Perwakilan Sumsel, Jum’at, (23/5).
            “Patut kita apresiasi, ini adalah untuk ketiga kalinya Pemkab OKI menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap penyelenggaraan dan pelaporan keuangan daerah sejak tahun 2011, 2012 dan 2013. Ada empat kriteria penting yang menentukan opini BPK, yaitu kesesuaian dengan standar akutansi, kecukupan, kepatuhan terhadap undang-undang dan pengendalian internal. Dan semuanya kita nilai sudah baik,” ujar Novi, Kepala BPK RI Perwakilan Sumsel, pada acara Penyerahan Hasil Pemeriksaan Atas Laporan Keuangan Pemkab OKI Tahun 2013 di BPKP.
                Sementera itu Bupati dan Ketua DPRD OKI mengatakan, opini WTP merupakan motivasi bagi Pemda dan DPRD OKI untuk meningkatkan kerja sama dalam menjalankan pemerintahan dan pelayanan publik di Kabupaten OKI. “Kita bersyukur ini kali ketiga kita menerima WTP yaitu sejak tahun 2011. Ini menjadi motivasi kami bersama-sama pemerintah daerah untuk terus meningkatkan kerja sama yang baik dalam penyelenggaraan pemerintahan,” ungkap Yusuf.
                 “Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada DPRD OKI, FKPD, segenap stake holder serta atas bimbingan BPKP Sumsel opini WTP kembali diraih oleh Pemerintah Kabupaten OKI. Ini berkat kerja sama semua pihak. Opini WTP menjadi acuan bagi kami dan jajaran untuk terus memperbaiki kinerja agar opini seperti ini dapat kita pertahankan di tahun-tahun berikutnya,” ujar Iskandar. (F.949) majalah fakta online

No comments:

Post a Comment