Saturday, March 1, 2014

BANTAENG SUDAH TERIMA HASIL TES CPNS

KEMENTERIAN Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi (Kemenpan-RB) sudah menyerahkan hasil tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) jalur umum ke daerah. Meski begitu pengumumannya tetap dilakukan pada Selasa, 24 Desember 2014. Demikian diungkapkan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Sulsel, Mustari Soba. “Hasil tes CPNS tersebut diserahkan ke pemerintah propinsi dan pemerintah kabupaten serta kota kemarin,” katanya, Jumat (20/12).
“Hasil tes itu sudah diserahkan langsung oleh Sekdaprop Sulsel, A Muallim, selaku Pejabat Pembina Kepegawaian Provinsi Sulsel, ke Sekda masing-masing Kabupaten/Kota,” jelas Mustari Soba.
Ditambahkannya bahwa ada 5 Kabupaten/Kota yang menerima hasil tes yang menggelar seleksi CPNS Jalur Umum dengan LIK (Lembar Jawaban Komputer) pada 13 November lalu, yakni Bantaeng, Pinrang, Pare-Pare, Barru, Luwu Timur, dan Tanah Toraja Utara, termasuk CPNS di Lingkup Pemprov Sulsel yang sejumlah 113 orang.
“Hasilnya tetap diumumkan tanggal 24 Desember 2013 serentak se-Indonesia, nama-nama yang lulus juga dijamin aman, tidak ada yang bisa mengganggu apalagi mengganti, karena Kemenpan juga akan mengumumkannya melalui internet,” kata Mustari meyakinkan.
Sedangkan Kepala BKD Kabupaten Bantaeng, Sudarni, mengaku telah menerima hasil tes LIK CPNS tersebut, dan selanjutnya akan disimpan di Kantor BKD. “Kita jamin daftar CPNS yang lolos seleksi aman dan tidak akan berubah,” jelasnya.
Sudarni yang juga Pejabat Pelaksana Tugas (PLT) Sekretaris Kabupaten (Sekkab) Bantaeng itu menjelaskan bahwa dalam pengumuman itu memunculkan 45 orang nama CPNS yang dinyatakan lulus dari 6.771 orang pendaftar. “Kuota CPNS Bantaeng sebanyak 50 kursi, namun 5 di antaranya terpaksa hangus karena para pendaftar pada empat jurusan yang dibuka tidak memenuhi syarat. Masing-masing jurusan IPA Terpadu dan Seni Budaya untuk SMP, NKPI (Nautika Kapal Penangkap Ikan), dan Agrobisnis untuk SMK, dengan total kuota lima kursi. Khusus Seni Budaya kuotanya dua orang CPNS, sementara tiga jurusan lainnya masing-masing satu orang”.
Menurut Sudarni, meski disimpan di BKD kerahasiaan dan keamanan nama peserta seleksi yang lulus tetap terjamin, alasannya nama-nama yang sama juga akan diumumkan di website www.menpan.go.id secara bersamaan pada 24 Desember 2013. “Jadi, dipastikan hasil tes CPNS ini aman,” katanya mempertegas kembali pernyataannya.
Sebelumnya Kemenpan memutuskan mengundur jadwal pengumuman hasil seleksi penerimaan CPNS untuk jalur umum dan honorer Kategori Dua (K2) khusus pelajar umum yang rencananya diumumkan 24 Desember 2013, sementara honorer Kategori Dua (K2) pada Minggu keempat Januari 2014. Keputusan tersebut tertuang dalam Surat Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) yang diteken Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemenpan, Tasdik Kisnanto, tertanggal 11 Desember 2013. Surat yang dikutip dari Taman BKN.go.id tersebut ditujukan kepada pejabat pembina Kepegawaian Pusat dan Daerah.
Dalam surat itu disebutkan hasil Tes Kompetensi Dasar (TKD) seleksi CPNS Tahun 2013 dari pelamar umum bagi beberapa Kementerian/Lembaga serta Pemerintah Provinsi dan Kabupaten/Kota yang menggunakan Sistem Lembar Jawaban Komputer (LKJ) akan diserahkan di Kantor Menpan RB Jakarta pada 19 Desember 2013. Khusus untuk hasil seleksi CPNS Tahun 2013 dari Tenaga Honorer K2 dan Penetapan Persetujuan Formasi Tenaga Honorer yang dinyatakan lulus untuk masing-masing instansi menurut Surat Menpan itu akan diserahkan di Kemenpan RB pada minggu keempat bulan Januari 2014.

Surat Menpan itu sekaligus memperbaiki jadwal kelulusan seleksi CPNS sebagaimana tertuang dalam surat edaran Menpan RB No.10 Tahun 2013 tertanggal 22 Agustus 2013, yang menetapkan pengumuman kelulusan pada 14 dan 20 Desember 2013. (F.566)R.26

1 comment:

  1. Assalamu alaikum,sk cpns reguler pemkab bantaeng yg dinyatakan lulus dithn 2013 kemarin kira2 kapan diterimanya?sementara saat ini penerimaan cpns 2014 sdh dibuka padahal cpns yg lulus di tahun kemarin belum bertugas

    ReplyDelete