Monday, March 10, 2014

ADVETORIAL BATOLA : KESEHATAN MERUPAKAN SASARAN PEMBANGUNAN PEMKAB BATOLA DI TAHUN 2012 – 2017

Wakil Bupati Batola, H Ma’mun Kaderi
KESEHATAN merupakan salah satu faktor penunjang untuk suksesnya pembangunan di berbagai bidang. Untuk itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Barito Kuala (Batola) yang mempunyai delapan sasaran strategis pembangunan, salah satunya adalah mewujudkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang diindikasikan oleh semakin mudah, murah, memadai dan meratanya penyelenggaraan layanan kesehatan, yang mendorong kemandirian kemampuan masyarakat dalam berpola hidup sehat.
Seperti yang dinyatakan Wakil Bupati Batola, H Ma’mun Kaderi, bahwa, satu dari delapan sasaran strategis pembangunan Kabupaten Barito Kuala untuk tahun 2012 hingga 2017 adalah terwujudnya pelayanan kesehatan bagi masyarakat yang mudah, murah, merata, serta memadai yang dapat terindikasi dengan semakin mampu, berdaya dan mandirinya masyarakat dalam berpola hidup sehat.
Pembangunan kesehatan di Kabupaten Batola diarahkan dan diupayakan untuk memacu peningkatan derajat kesehatan masyarakat dan kualitas sumber daya manusia, yang ditandai dengan meningkatnya usia harapan hidup, menurunnya angka kematian bayi, anak, ibu melahirkan, meningkatnya kesehatan keluarga dan masyarakat, serta meningkatnya produktivitas kerja dan kesadaran masyarakat terhadap perilaku hidup bersih dan sehat.
Sehingga segala usaha dan upaya pembangunan bidang kesehatan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Batola diharapkan dapat memberikan nilai positif dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat. Dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, Pemkab Batola juga melaksanakan berbagai program kegiatan, salah satunya adalah menyediakan dana jaminan kesehatan dengan mengalokasikan anggaran yang disediakan dari tahun ke tahun terus ditingkatkan.
Ditingkatkannya dana kesehatan setiap tahunnya untuk menunjang peningkatan derajat kesehatan masyarakat sekaligus dapat menumbuhkembangkan kesadaran dan kemandirian masyarakat Kabupaten Batola agar lebih peduli dan menjadikan kesehatan diri, keluarga dan lingkungan sebagai modal dasar yang utama dan berkelanjutan dalam menunjang upaya peningkatan tarap hidup agar lebih sejahtera.
Tidak hanya itu, Pemkab Batola juga membangun sarana kesehatan yang setiap tahunnya mengalami penambahan. Seperti saat ini sudah mempunyai rumah sakit dan telah meningkatkan kelasnya serta setiap kecamatan juga sudah mempunyai puskesmas, posyandu, polindes maupun puskesmas pembantu (pustu) yang juga dapat melayani rawat inap.

Bupati Batola, H Hasanuddin Murad, beserta istri saat membantu warganya yang terkena tumor. 
Dan, Pemkab Batola pun bertekad pula untuk terwujudnya masyarakat Barito Kuala yang mandiri agar hidup sehat dan berkualitas. Serta meningkatkan akses dan kualitas pelayanan kesehatan yang merata, terjangkau dan memadai. Pemberdayaan masyarakat di bidang kesehatan, menjamin ketersediaan dan pemerataan sumber daya kesehatan, serta peningkatan kualitas pemukiman dan lingkungan yang sehat juga merupakan tekad Pemkab Batola dalam mencapai sasaran strategis pembangunan di Bumi Ije Jela. (Tim)R.26

No comments:

Post a Comment