Saturday, March 8, 2014

ACEH : 80 BIDAN DILANTIK JADI ANGGOTA IBI

KETUA Pengurus Daerah Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Aceh, Suriati Mahmud SKM, Senin (13/1) melantik 80 bidan sebagai Anggota IBI Cabang Kota Langsa. Pelantikan dan pengukuhan tersebut berlangsung di Akademi Kebidanan (Akbid) Harapan Ibu Kota Langsa. Dalam kesempatan itu juga diadakan seminar standar profesi kebidanan dan bidan delima yang dihadiri Ketua PD IBI Cabang Kota Langsa, Safrina Salim SKM MKes, Ketua PKK Langsa yang juga isteri Walikota Langsa, Ny Marliza Usman, Ibu Sekretaris Daerah Kota Langsa, dan Ibu Lisma Wardani.
Ketua IBI Cabang Kota Langsa mengatakan, sebanyak 80 bidan yang dilantik menjadi anggota baru IBI itu merupakan tamatan Akbid Harapan Ibu Langsa tahun 2013. Selanjutnya mereka langsung diberikan ilmu pengetahuan standar profesi kebidanan dan bidan delima oleh Ketua PD IBI Aceh.
              Safrina Salim mengatakan, prioritas strategi terhadap pengembangan standarisasi pendidikan bidan, membangun kerja sama dengan donor dan mitra IBI Cabang Langsa. Selain itu juga melakukan peningkatan advokasi kepada pemerintah untuk mendukung pengembanggan profesi bidan serta capacity building bagi peserta IBI.
              Ketua PD IBI Aceh dalam seminar itu menyampaikan pula bahwa bidan adalah tenaga medis profesional yang bertanggung jawab dan akuntabel, bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa kehamilan, masa persalinan dan masa nifas, memfasilitasi dan memimpin persalinan kepada ibu hamil. Bidan wajib memberikan asuhan kepada bayi baru yang lahir, yang dimaksud asuhan mencakup upaya pencegahan promosi persalinan normal, deteksi komplikasi pada ibu dan anak, untuk itu diingatkan kepada para bidan, dituntut supaya dapat bekerja profesional.

            Hari itu juga diadakan donor darah yang sudah menjadi rutinitas di Akbid Harapan Ibu Langsa. Kegiatan semacam itu disambut positif oleh Ibu Marliza Usman, dengan memberikan peserta donor sertifikat penghargaan bakti sosial sebagai ucapan terima kasih. (F.654)R.26        

No comments:

Post a Comment