Friday, March 7, 2014

BU RATNA LANTIK TP-PKK 4 KECAMATAN

IBU Ratna Gde Agung, Ketua TP-PKK (Tim Penggerak PKK) Kabupaten Badung, melantik Ketua TP PKK empat kecamatan. Dihadiri Kepala SKPD terkait, Camat se-Kabupaten Badung, Ketua Gatriwara Kabupaten Badung, Ibu Giri Prasta, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kabupaten Badung, Ibu Kompyang R Swandika, Ketua Harian WHDI Kabupaten Badung, Ibu Dartini Sutama, serta anggota PKK Kecamatan, melantik TP-PKK Kecamatan Petang, Abiansemal, Mengwi dan Kuta Selatan, di Ruang Kertha Gosana, Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung, Mangupraja Mandala, pada Kamis (23/1).
Diungkapkan oleh Ibu Ratna Gde Agung bahwa dengan ditetapkannya Keputusan Mendagri No.1 Tahun 2013 Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui gerakan PKK, memberi gambaran bahwa gerakan PKK menjadi semakin jelas. Yakni, bersama-sama dengan pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat. Namun demikian, kata Bu Ratna, sebagai sebuah gerakan yang berstruktur tentu dalam perkembangannya mengalami perubahan baik dari segi struktrur organisasi maupun program dan target yang semakin meningkat. Terkait hal itu maka pengurus TP PKK Kecamatan akan mengalami perubahan, karenanya diperlukan struktur baru yang dapat menyesuaikan dengan perubahan personil yang ada.
“Kegiatan PKK di masa mendatang tantangannya sangat berat. Bisa berupa perkembangan IPTEK yang semakin pesat yang dapat menimbulkan terjadinya pergeseran tata nilai dalam kemasyarakatan,” ujar Bu Ratna dalam sambutannya.
Untuk itu, lanjut Bu Ratna menuturkan, mutlak diperlukan kerja sama dan koordinasi antar unsur serta komponen kecamatan. Yakni, unsur dinas NIVO antara lain penyuluh agama, penyuluh KB, Cabang Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga, penyuluh pertanian, Yayasan Tiara Kusuma serta Puskesmas. “Keberhasilan program PKK akan sangat ditentukan oleh kualitas dan kerja keras Kelompok Dasa Wisma. Oleh karena itu pemberdayaan Kelompok Dasa Wisma harus menjadi perhatian, khususnya bagi para Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan yang baru dilantik,” imbuhnya.
Sementara itu Mantan Camat Kuta Selatan yang sekarang menjadi Kepala Bagian Aset dan Perlengkapan Kabupaten Badung, I Wayan Puja, dalam sepatah katanya menyampaikan, kecamatan merupakan SKPD plus karena memiliki wilayah dan masyarakat yang terdiri dari desa dan kelurahan. Luasnya wilayah kecamatan tersebut tentu memerlukan partner agar bisa mensosialisasikan program pemerintah sampai ke desa. “PKK adalah kuncinya. PKK merupakan pintu masuk untuk mengenali keunikan masing-masing desa sehingga memudahkan pelaksanaan program Pemerintah Kabupaten Badung sampai ke desa karena disinergikan dalam kegiatan-kegiatan PKK,” ujar Puja.

Ketua TP PKK Kecamatan yang dilantik tersebut adalah Ibu Martini Ariawan sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Petang menggantikan Ibu Darmini Warta. Ibu Dewi Thomas Yuniarta sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Abiansemal menggantikan Ibu Sukariani Jaya Saputra. Ibu Sukariani Jaya Saputra sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Mengwi menggantikan Ibu Risna Dewi Suwarcita dan Ibu Kurniawati Wirya sebagai Ketua TP PKK Kecamatan Kuta Selatan menggantikan Ibu Sri Utami Puja. (F.915)R.26
Ketua TP PKK Kabupaten Badung, Ibu Ratna Gde Agung (kiri), menyalami 
Ketua TP PKK Kecamatan seusai dilantik di Ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Kamis (23/1).

No comments:

Post a Comment