Friday, August 1, 2014

DELTA RAYA : SMP NEGERI 4 MAJU LSS TINGKAT NASIONAL

SMP Negeri 4 Sidoarjo maju dalam Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LSS) Tingkat Nasional 2014 mewakili Provinsi Jawa Timur. Juri Lomba LSS telah melakukan pemantauan dan penilaian di sekolah tersebut pada Rabu (12/6). SMPN 4 Sidoarjo pada LSS Nasional tahun 2014 ini akan berkompetisi dengan sekitar 130 sekolah se-Indonesia.
Tim penilai Lomba Lingkungan Sekolah Sehat (LLSS) dari pemerintah pusat dan Provinsi Jawa Timur yang terdiri dari Kementerian Pendidikan, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pemuda dan Olahraga, Dinas Kesehatan, Dinas Pendidikan, Dinas Pemuda dan Olahraga serta dari kantor Kementrian Agama.
Ketua tim penilai lomba lingkungan sekolah sehat, Syaifudin, dengan didampingi Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah SH MHum, dan Wakil Bupati Sidoarjo, H M G Hadi Sutjipto SH MM, serta jajaran SKPD saat memberikan evaluasi penilaian menyampaikan bahwa pada prinsipnya sekolah mempunyai 4 tingkatan yaitu minimal, standar, optimal dan paripurna. “Setelah melakukan beberapa penilaian, tim juri akan mengumpulkan hasil dari selama melakukan penilaian dan dibawa ke pemerintah pusat. Hasilnya akan diumumkan setelah penilaian semua di tingkat nasional sudah selesai dilakukan ” jelas Syaifudin.
Sementra itu, Kepala SMPN 4 Sidoarjo, Drs Muflich H MPd, menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung, terutama para siswa yang tertib dan bersemangat dalam mewujudkan sekolahnya yang bersih dan sehat bersama-sama dengan para guru yang sudah bekerja keras dan bertekad untuk menjadi pemenang LLSS tingkat nasional ini. "Kami dipercaya sebagai wakil dari Provinsi Jawa Timur di tingkat nasional, setelah berhasil meraih peringkat 1 LLSS tingkat kota dan provinsi beberapa bulan lalu. Sekolah kami bisa mencapai prestasi itu karena sejak awal kami menekankan perilaku hidup sehat. Dengan jumlah siswa yang cukup banyak, kesehatan di sekolah harus tetap terjaga. Harapan kami, SMPN 4 Sidoarjo akan meraih juara umum tingkat nasional," terangnya. 
Ditegaskan Muflich, perilaku hidup sehat diwujudkan dengan selalu membersihkan ruang kelas, toilet, laboratorium, penyediaan ruang UKS yang luas dengan peralatan dan obat yang lengkap. Termasuk penyediaan tempat cuci tangan di sejumlah titik dan penempatan tong sampah di dalam dan sekitar lingkungan sekolah.
Untuk mendukung perilaku hidup sehat itu, SMPN 4 Sidoarjo telah mencanangkan program pemberantasan kenakalan remaja, bahaya merokok, narkoba, HIV/AIDS, kehamilan pra nikah, kecacingan, anemia dan hepatitis B. Program tersebut berlaku untuk seluruh warga sekolah. "Setiap siswa memiliki buku catatan terkait dengan program tersebut. Setiap saat kami melakukan pemeriksaan," kata Muflich.
Terpilihnya SMPN 4 Sidoarjo mewakili Provinsi Jawa Timur ini mengundang perhatian Bupati Sidoarjo, H Saiful Ilah SH MHum. Untuk memberi motivasi dan pembinaan, H Saiful Ilah pun melakukan peninjauan sejumlah fasilitas pendukung LSS, pada beberapa bulan yang lalu menjelang waktu datangnya penilaian LSS tingkat nasional. Selain itu juga ditandatanganinya prasasti Sekolah Sehat dan prasasti Sekolah Adiwiyata. "Dengan prestasi ini diharapkan siswa selalu bisa menjaga sikap hidup sehat. Dan bertanggung jawab terhadap diri sendiri, orang lain dan lingkungan," kata H Saiful Ilah.
            Ditambahkan Muflich bahwa SMPN 4 Sidoarjo juga berhasil meraih predikat Sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional pada 2014 ini. (irw/humas) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment