Monday, August 18, 2014

SURABAYA RAYA : PAKAR IPTEK TELAH LAHIR DARI SMAN 10 SURABAYA

Kepala SMAN 10 Surabaya, Drs H M Sukron AP MM
KEVIN Aditya Prathama memang pantas mendapat julukan “Habibie”, pakar iptek di Indonesia. Bagaimana tidak, dalam ajang Lomba Karya Ilmiah Remaja (LKIR) ke-46 tahun 2014 di Jakarta, siswa reguler kelas X SMAN 10 Surabaya ini berhasil menembus LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia – Indonesian Institute Of Sciences) setelah berhasil menyisihkan para peserta lainnya se-Indonesia dan proposalnya dinilai dewan juri bagus dan layak untuk dikembangkan lebih lanjut.
            Proposal anak berotak cerdas dari SMAN 10 Surabaya ini berjudul “”Prototipe Bahan Pelapis Anti Radar (Radar Absorbsing Material) dari abu vulkanik gunung berapi.
            Selanjutnya Kevin selama 3 bulan terhitung mulai tanggal 26 Juni 2014 sampai tanggal 10 Oktober 2014 akan digembleng di LIPI Jakarta dengan bimbingan peneliti LIPI, Dr Toto Sudiro dari Pusat Penelitian Fisika LIPI.
            Tentu saja keberhasilan Kevin Aditya Prathama ini tidak lepas dari gemblengan bapak dan ibu guru SMAN 10 Surabaya, yang tak henti-hentinya dan tak mengenal lelah dalam memberikan pembelajaran baik akademis maupun psikologisnya.
            SMAN 10 Surabaya yang berangkat dari program reguler dan inklusi, cerdas istimewa dan bakat istimewa ini memang patut berbangga diri dengan adanya keberhasilan Kevin menembus ajang LKIR tingkat nasional tersebut. Program-program tersebut sudah sejak lama digarap oleh bapak-ibu guru SMAN 10 Surabaya dalam rangka untuk melayani para siswanya terkait dengan CBI (Cerdas Berbakat Istimewa). Hingga kemudian Kevin bisa menembus LIPI. Untuk itulah diharapkan orangtua atau wali murid terus melakukan pendampingan agar ia tidak salah arah dalam menyikapi hidup untuk menempuh bimbingan selama 3 bulan di LIPI Jakarta.
            Kepala SMAN 10 Surabaya, Drs.HM Sukron,AP,MM berharap siswa tersebut (Kevin) mendapat perhatian serius dari pemkot Surabaya dan pemerintah pusat di Jakarta dalam melanjutkan studynya kelak, mengingat Kevin adalah ‘mutiara’ terpendam dan menjadi putera bangsa terbaik di Indonesia di bidang ilmu pengetahuan dan diharapkan pula di SMAN 10 Surabaya akan muncul bibit-bibit baru seperti Kevin Aditya Prathama. (F.543) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment