Sunday, August 3, 2014

LINTAS ACEH : TGK LAHMUDDIN CERAMAH NISFU SYA’BAN

MALAM Nisfu Sya’ban merupakan salah satu malam yang ada kelebihannya dari bulan-bulan yang lainnya. Pada malam Nisfu Sya’ban, Allah melimpahkan rahmad-Nya yang luar biasa. Malam Nisfu Sya’ban malam dibukanya pintu taubat oleh Allah SWT.
Dalam suatu riwayat Rasulullah Muhammad SAW bertanya kepada Malaikat Jibril, yang katanya, ada apa malam ini ya Jibril sehingga kita perlu lebih banyak beribadah daripada malam-malam yang lainnya ? Jibril menjawab,”Malam ini adalah malam yang penuh rahmat Allah, malam penutupan buku lama dan pembukaan buku yang baru untuk perhitungan amal-amal ibadah umat kepada Allah”.
Selama satu tahun penuh para malaikat mencatat perbuatan manusia dengan apa adanya. Perbuatan baik atau perbuatan jelek dicatat oleh para malaikat, dan pada malam barokah yaitu malam Nisfu Sya’ban setiap tahun dinaikkanlah buku cacatan amal itu kepada Allah SWT. Pada malam Nisfu Sya’ban itulah Allah SWT memberikan ampunan atas segala dosa umat-Nya, yaitu siapa saja orang-orang beriman yang meminta dan memohon ampunan (bertaubat kepada Allah dengan taubat nasuha). “Sedangkan orang-orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah adalah orang-orang yang mensekutukan Allah, orang-orang yang bersihir, orang-orang yang mabuk-mabukan dengan khamar, serta orang-orang yang memutuskan silaturrahim sesama keluarga dan saudara se-Islam serta orang-orang yang larut dalam berzina dan tidak pernah mau bertaubat. Itulah orang-orang yang tidak mendapatkan ampunan Allah di malam Nisfu Sya’ban,” kata Tgk Lahmuddin dalam Ceramah Nisfu Sya’ban di Dayah Bustanus Sa’adah Gampong Glok Aron, Aceh Utara, Kamis malam (12/6).
           Maka, lanjutnya, marilah kita bertaubat kepada Allah SWT dari segala dosa, mari memohon ampunan kepada Allah SWT dengan tekat tidak akan kembali lagi berbuat dosa. Dengan demikian Allah SWT akan membuka pintu rahmat kepada kita semua, terlebih lagi di malam Nisfu Sya’ban, dengan berbanyak-banyak beribadah dengan amal yang sholeh. (F.434) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment