Saturday, August 16, 2014

INFO JATIM : LAYANAN CEPAT PKB DAN STNK DENGAN ATM SAMSAT

Pakde Karwo bersama pejabat Kementerian PAN dan Kadis Pendapatan Provinsi Jatim di ATM SAMSAT
AUTOMATIC Teller Machine (ATM) tak hanya pihak perbankan yang memilikinya. Namun ATM juga dimiliki SAMSAT Jatim. Layanan ATM SAMSAT yang pertama kali di Indonesia yang berpola self service ini mempunya beberapa kelebihan, antara lain tidak bertatap muka atau berinteraksi langsung dengan petugas pelayanan, tidak terbatas pada waktu, jarak dan tempat, dapat menjamin akurasi database kepemilikan kendaraan bermotor. Di samping itu layanan ATM SAMSAT ini seperti ATM perbankan, sangat fleksibel untuk ditempatkan di tempat-tempat strategis bahkan di luar Provinsi Jatim, sehingga pemilik kendaraan bermotor dapat melakukan pembayaran pajak kendaraan bermotor dan pengesahan STNK-nya setiap tahun tanpa harus kembali ke Jatim.
ATM SAMSAT merupakan mesin pelayanan yang menggunakan media Smart Card yang digunakan wajib pajak untuk melakukan transaksi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor (PKB), Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu Lintas Jalan (SWDKLLJ) dan pengesahan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) tahunan. Layanan ini bekerja sama dengan perbankan secara online dan terintegrasi. Layanan ini dapat lebih dikembangkan dengan bekerja sama dengan perbankan lainnya sehingga dapat menjangkau berbagai model jenis pembayaran di perbankan. “Inovasi ATM SAMSAT Jatim ini tidak saja ide dan kreatifitasnya, namun penggunaan alat ATM ini merupakan tonggak sejarah baru bagi pembayaran Pajak Kendaraan Bermotor secara elektronik. Selain itu juga merupakan pioner dalam melakukan identifikasi serta registrasi kendaraan bermotor secara elektronik. Saya memandang bahwa model layanan ini akan merupakan model layanan di masa mendatang yaitu model layanan yang mengedepankan teknologi informasi, yang pasti syarat ATM harus mudah, murah dan puas,” ujar Gubernur Jatim, Dr H Soekarwo, saat meresmikan ATM SAMSAT Jatim, di Grand City Surabaya, Selasa (8/7). 
Inovasi pelayanan ATM SAMSAT Jatim ini juga diapresiasi oleh Rekor MURI dengan piagam penghargaan atas rekor inovasi pelayanan Samsat dengan ATM SAMSAT Jatim yang pertama kali di Indonesia dan memberikan penghargaan kepada Gubernur Jatim dan Kapolda Jatim sebagai Inisiator ATM SAMSAT Jatim.
Gubernur juga menyampaikan apresiasi kepada Kakorlantas Polri, Kapolda Jatim dan jajarannya, perbankan di Jatim, Jasa Raharja Cabang Jatim serta seluruh lapisan masyarakat yang telah memberikan dukungan sehingga pelayanan yang bersifat self service ini dapat terlaksana di Jawa Timur. Peresmian Kantor Bersama Samsat Sidoarjo dan penambahan layanan Samsat Unggulan tahun 2014 sebanyak 15 layanan.
Sementara itu Ketua Tim Pembina Samsat Jatim, DR H Achmad Sukardi MM, mengatakan, layanan yang diresmikan Gubernur Jatim tersebut adalah Kantor Bersama Samsat Sidoarjo dan 15 Layanan Unggulan Samsat Jatim, yaitu Campur Darat (Tulungagung), Ngoro (Jombang), Samsat Lama ( Bojonegoro), Bank Jatim Pesanggaran (Banyuwangi), Wonosari (Bondowoso), Mojosari (Mojokerto), Lawang (Malang), Sampang, Lingkar Barat (Sidoarjo), Cerme (Gresik). Selain itu SAMSAT DRIVE TRHU Citraland (Surabaya), UPTD Jember, dan Samsat Kota (Sidoarjo). Serta SAMSAT CORNER Giant (Pepelegi) Sidoarjo, dan Grand City Surabaya.
Dengan penambahan layanan unggulan tahun 2014 tersebut, menurut Sekda, Tim Pembina Samsat Jatim telah mengembangkan pendekatan layanan kepada masyarakat dan mempercepat pelayanan sebanyak 202 tempat layanan, yang terdiri dari 45 Samsat Induk, 68 Samsat Payment Point, 28 Samsat Drive Trhu, 10 Samsat Corner, 47 Samsat Mobil Keliling, 1 Samsat Pembantu, 2 Samsat Kepulauan dan 1 Bus Keliling. Semua unit pelayanan tersebut melayani obyek kendaraan bemotor sebanyak 13.700.036 unit terdiri dari roda 2 sebanyak 12.093.135 unit dan roda 4 sebanyak 1.606.901 unit untuk pelayanan Identifikasi dan Registrasi kendaraan bermotor, pembayaran PKB dan BBNKB serta SWDKLLJ.
Hadir dalam peresmian tersebut Deputy Pelayanan Publik Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Kepala SKPD, Kepala Dispenda Provinsi Jatim, Bobby Soemiarsono SH MSi, dan jajaran Polda Jatim. (F.835) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment