Sunday, August 10, 2014

BALANGAN BUMI SANGGAM : PEMKAB BALANGAN SERAHKAN BANTUAN SOSIAL PNPM

Sefek : Walaupun nominalnya tidak seberapa yang penting kepeduliannya

DI tahun 2014 ini kembali Pemerintah Kabupaten Balangan menyerahkan bantuan sosial PNPM berupa paket sembako sebanyak 425 buah kepada warga kurang mampu yang berada di 15 desa se-Kecamatan Paringin Selatan. Hal ini merupakan wujud turut sertanya Pemkab Balangan membantu program nasional pemerintah dalam hal penanggulangan kemiskinan.
Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Balangan, H Sefek Effendie, yang juga merupakan Pembina PNPM-MP Kabupaten Balangan, Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Mardiana Sefek Effendie, Camat Paringin Selatan, Alive Yoesfah Love SIP, dan Fasilitator PNPM-MP Kecamatan Paringin Selatan, H Waluyo Prabowo. Diharapkan bantuan ini dapat sedikit membantu meringankan beban bagi rumah tangga miskin yang ada di desa-desa tersebut.
Bantuan sosial paket sembako tersebut bersumber dari dana yang diambil dari Sisa Hasil Usaha (SHU) Simpan Pinjam Perempuan (SPP) PNPM-MP pada tahun 2013 lalu. Selama tahun 2013 Usaha SPP memperoleh jasa sebesar Rp 309 juta dan dari dana tersebut 50 persen dikembalikan untuk menambah modal, 35 persen untuk kebutuhan pelaksanaan operasional dan sisa 15 persen dialokasikan untuk bantuan sosial.
Bupati Balangan, H Sefek Effendie, juga memberikan apresiasi dan penghargaan atas kinerja para pelaku PNPM-MP Kecamatan Paringin Selatan. Bupati juga berharap agar dana sosial PNPM-MP tersebut dapat berkelanjutan dan berkembang lagi sehingga bisa membantu meringankan beban warga yang kurang mampu. “Saya sangat mengapresiasi apa yang dilakukan oleh PNPM Kecamatan Paringin Selatan dan mudah-mudahan ke depan surplusnya bisa bertambah. Walaupun nominalnya tidak seberapa yang penting kepeduliannya. Saya juga berharap yang dilakukan PNPM-MP Kecamatan Paringin Selatan ini bisa diikuti oleh kecamatan-kecamatan lainnya,” harap Bupati.
Bupati Balangan, H Sefek Effendie, dan Ketua TP PKK Kabupaten Balangan, Hj Mardiana Sefek Effendie, saat menyerahkan bantuan sembako
untuk warga kurang mampu
Seperti diketahui, dimulai pada tahun 2007 pemerintah Indonesia mencanangkan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) yang terdiri dari PNPM Mandiri Perdesaan, PNPM Mandiri Perkotaan, serta PNPM Mandiri Wilayah Khusus dan Desa Tertinggal, dengan tujuan mempercepat penanggulangan kemiskinan terutama yang berbasis pemberdayaan masyarakat, sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan dan kesempatan kerja bagi masyarakat miskin secara mandiri.
            Program-program PNPM yang sudah dicanangkan pemerintah tersebut pelaksanaannya melalui Binaan Unit  Pengelola Kegiatan (UPK) sehingga keberhasilan kelompok Simpan Pinjam Perempuan (SPP) begitu menguntungkan usaha anggota kelompoknya, tentunya membawa dampak positif bagi Rumah Tangga Miskin (RTM). (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment