Tuesday, August 12, 2014

ADVETORIAL

DEKRANASDA DAN ASPERINDA BADUNG IKUTI FESTIVAL KREATIF 2014
DEKRANASDA Kabupaten Badung serta Asosiasi Perajin Perindustrian dan Perdagangan (Asperinda) Badung, digandeng Pemerintah Kabupaten Badung melalui Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan, mengikuti Festival Kreatif (Fesra) 2014 yang berlangsung dari tanggal 11-14 Juli 2014 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta, yang dibuka secara resmi oleh Ibu Negara, Ani Bambang Yudhoyono, dihadiri  Solidaritas Istri Kabinet Indonesia Bersatu (SIKIB), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Menteri Hukum dan HAM serta pejabat terkait di lingkungan Kementerian RI.
Ibu Ratna Gde Agung saat berada di stan Kabupaten Badung pada Fesra 2014
di Jakarta Convention Center
Dari Kabupaten Badung sendiri, turut hadir Ketua Dekranasda Kabupaten Badung, Ibu Ratna Gde Agung, didampingi Ibu Kompyang R Swandika yang juga selaku pengurus Dekranasda Badung. 
Ibu Ani Yudhoyono berharap festival ini dapat menjadikan produk kreatif nusantara sebagai gaya hidup masyarakat sehari-hari. Hasil karya bangsa Indonesia, sekaligus merupakan aset yang harus dipertahankan dan dicintai masyarakatnya sendiri. Semakin hari produk Indonesia terus berkembang, menurutnya, itu dapat menjadi pilar bangsa di mata internasional. “Pameran pada Fesra ini bukan hanya sebagai pameran saja, namun juga menjadi ajang dalam memberikan apresiasi kepada para pengrajin seni. Semoga para pengrajin dapat terus menghasilkan karya-karya yang luar biasa sehingga dapat membuat bangsa Indonesia menjadi lebih maju,” harap Ani Yudoyono.
Pada Fesra 2014 itu, Badung menampilkan empat pengrajin sekaligus, yaitu Ni Made Lemini dari Perajin Pakaian Khas Daerah Bali, I Nyoman Budiasa dari Perajin Perak, I Gede Budiyoga dari Perajin Patung perwakilan JAS (Jagapati, Angantaka, Sedang), serta I Putu Andika yang juga sebagai Ketua Asperinda Badung, mewakili Perajin Uang Kepeng. Juga memperkenalkan lebih dari sepuluh perajin dari berbagai jenis kerajinan berpotensi di Kabupaten Badung melalui brosur-brosur yang disebarkan ke pengunjung festival.
Menariknya lagi, pada stan Kabupaten Badung juga menampilkan sosialisasi website produk UMKM Kabupaten Badung, dilakukan melalui pembagian stiker bertuliskan “Badungbalitrading.com” kepada pengunjung.
Sementara Pemerintah Provinsi Bali, menurut Ketua Dekranasda Badung, Ibu Ratna Gde Agung, hanya diwakili oleh Dinas Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah Provinsi Bali, dan Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Badung.
Kehadiran Ketua Dekranasda Kabupaten Badung, Ibu Ratna Gde Agung, didampingi Ibu Kompyang Swandika dalam Festival Kreatif 2014 itu untuk membina dan memberikan motivasi pada perajin agar dapat memanfaatkan momen tersebut untuk menunjukkan potensi daerah, sekaligus memperluas pasar para pelaku usaha khususnya UMKM di Kabupaten Badung.
Ibu Ratna Gde Agung didampingi Ibu Kompyang Swandika sendiri dalam kegiatan itu memulai kegiatan dengan ikut melaksanakan penataan stan, menghadiri acara pembukaan, serta melakukan pendampingan perajin selama mengikuti Fesra 2014 dengan panitia yang diketuai Ibu Evy Amir Syamsudin, istri Menteri Hukum dan HAM RI.
Festival itu sendiri terselenggara berkat dukungan dari SIKIB, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kementerian Negara Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Kementerian Perindustrian, Kementerian Perdagangan dan Kementerian Hukum dan HAM RI.
Festival Kreatif 2014 ini mengambil tema “Harmoni Tanpa Batas Dalam Bentuk dan Corak”. Diikuti ratusan peserta yang merupakan perajin dari seluruh Indonesia. Produk yang ditampilkan mulai dari pakaian jadi, kerajinan tangan, berbagai kain hasil inovasi perajin, serta banyak lagi kerajinan kreatif lainnya. Acaranya selain pameran juga digelar lomba tata saji makanan, fashion show, karya fotografi dari Ibu Negara, pemberian penghargaan bagi tokoh yang berjasa di 15 sub sektor ekonomi kreatif.
Terdapat stan khusus bernama Napi Craft. Stan itu khusus memamerkan hasil karya kerajinan tangan dan produk olahan pangan dari para warga binaan di lembaga pemasyarakatan seluruh Indonesia, di bawah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia RI. (F.915) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment