Friday, August 1, 2014

DELTA RAYA : HARI JADI LAMONGAN KE-445

HARI Senin (26/5) masyarakat Kabupaten Lamongan merayakan Hari Jadinya ke-445. Dikembalikannya kegiatan upacara Hari Jadi Lamongan (HJL) di alun-alun ditandai dengan peluncuran mobil sehat, penyerahan panji-panji keberhasilan pembangunan kecamatan, pertunjukan tari kreasi, hingga suara khas Ebiet G Ade turut memeriahkan peringatan HJL tahun ini.
            Di peringatan HJL tahun ini tidak ada lagi arak-arakan pawai petinggi Lamongan dengan mengenakan pakaian ala tempo dulu. Even HJL dikembalikan dengan tiga prosesi sakral. Yakni, Pembukaan Selubung Lambang Daerah dan Pemasangan Oncer Sesanti Memayu Raharjaning Praja di Gedung DPRD, Upacara HJL di alun-alun Kota Lamongan dan Penyemayaman Lambang Daerah di Pendopo Lokatantra dalam sebuah pasamuan agung.
            Di Gedung DPRD Lamongan, Ketua DPRD Lamongan, Makin Abbas, juga melakukan prosesi pembukaan selubung pataka lambang daerah. Kemudian dilanjutkan dengan Oncer Sesanti Memayu Raharjaning Praja dan menyerahkannya pada Bupati Fadeli. Selanjutnya bersama Fórum Pimpinan Daerah (Forpimda) setempat berjalan kaki mengiringi Lambang Daerah menuju lapangan upacara di alun-alun Kota Lamongan.
            Di alun-alun, sebanyak 33 mobil sehat yang operasionalnya digratiskan bagi seluruh masyarakat itu diluncurkan Fadeli. Penuangan air dari kendi tanah liat menjadi penanda mulai dioperasikannya mobil yang akan rutin berkeliling ke pedesaan Lamongan untuk memberikan pelayanan kesehatan kuratif dan preventif.
Termasuk menjadi mobil pengantar bagi pasien di pelosok pedesaan yang memerlukan pelayanan rujukan di puskesmas maupun rumah sakit secara gratis.
Di tempat yang sama, setelah dibuka dengan penampilan Tari Mendhak, seusai upacara Bupati Fadeli menyerahkan panjí-panji keberhasilan pembangunan kepada kecamatan dalam sejumlah bidang penilaian.
Bagi kecamatan yang mendapatkan panjí-panji keberhasilan agar menjadikannya sebagai motivasi untuk bekerja lebih giat lagi bagi masyarakat. Sementara bagi yang belum agar bisa menjadikan ini sebagai pelecut semangat untuk bekerja lebih keras lagi dan berinovasi lebih banyak lagi,” pesan Fadeli.
Di Pendopo Lokatantra, seusai penampilan Tari Kumandang oleh siswa SMPN 2 Lamongan, penyanyi legendrais Ebiet G Ade melengkapi semarak HJL. Malam hari sebelumnya (25/5) Wali Band tampil menghibur dengan 10 lagu di Alun-alun Kota Lamongan.
Sebanyak 11 Panji Keberhasilan di 11 bidang pembangunan itu adalah Panji Nugraha Adi Wiyata dan Budaya peringkat I diberikan kepada Kecamatan Ngimbang, Panji Nugraha Adi Dharma Sentana kepada Kecamatan Kalitengah, Panji Nugraha Adi Makmur Sentosa pada Kecamatan Brondong, dan Panji Nugraha Adi Wira Bhakti pada Kecamatan Turi.
Kemudian Panji Nugraha Adi Husada, Panji Nugraha Adi Pandega dan Panji Nugraha Adi Yuwana ketiganya diberikan pada Kecamatan Lamongan, Panji Nugraha Adi Rancak Manunggal Wanudya pada Kecamatan Maduran, Panji Nugraha Adi Nagari pada Kecamatan Karangbinangun, Panji Nugraha Adi Among Praja pada Kecamatan Sugio, dan Panji Nugraha Adi Darma Praja pada Kecamatan Paciran. Di Pendopo Lokatantra, diserahkan piala untuk para juara berbagai lomba yang diadakan dalam rangkaian HJL ke-445. Seperti Juara 1 Duta Lingkungan yang diraih oleh Anggun Nur Aulia dari SMAN 1 Lamongan, Lomba Kearsipan Tingkat SKPD Juara 1, 2, dan 3 secara berturut-turut yakni Inspektorat, RSUD dr Soegiri, dan BKD.
             Selanjutnya Lomba Ranking 1 IT diraih oleh Fakkaru Jabrrahma dari SMPN 1 Lamongan. Sedangkan Pemenang Lomba Green Office SKPD diraih oleh Dinas Pendidikan. (F.708) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment