Sunday, August 10, 2014

ADVETORIAL : Sosok Hasanuddin Murad, Kebanggaan Warga Ije Jela Terima Penghargaan Bhakti Koperasi


KABUPATEN Barito Kuala merupakan salah satu kabupaten di Kalimantan Selatan yang memiliki luas wilayah 3.284 Km2 terletak di sebelah utara Kota Banjarmasin, dengan jarak 47 Km dari ibu kota Provinsi Kalsel, dulu masih bisa disebut sebagai daerah tertinggal.
Namun sejak kepemimpinan H Hasanuddin Murad SH yang putra daerah asli Bakumpai, pembangunan di berbagai sektor berjalan dan maju dengan pesatnya. Sarana infrastruktur seperti jalan dan jembatan terus dibangun, sehingga memudahkan warga melakukan aktivitas sehari-hari. Hingga tahun 2014, daerah pinggiran sudah dapat dilalui lewat jalan darat.
Meskipun PAD dan anggaran APBD-nya yang akan menunjang pembangunan di Barito Kuala sangat minim, tetapi berkat kepiawaian dan kegigihan H Hasanuddin Murad pembangunan secara berkala dapat terus berlanjut.
Seperti yang dijelaskan Wakil Gubernur Kalimantan Selatan, H Rudy Resnawan, bahwa semua itu berkat kegigihan Bupati Hasanuddin Murad dalam mencari anggaran, lantaran jika hanya mengandalkan anggaran APBD Batola yang kecil tidak akan bisa membangun lebih maksimal.
Masyarakat Kabupaten Barito Kuala (Batola) harus bersyukur dan berbangga hati memiliki figur kepala daerah seperti Hasanuddin Murad yang sangat gigih berjuang mencari anggaran baik ke pusat maupun provinsi dalam upaya membangun daerah agar bisa sejajar dengan daerah lainnya.
Wakil Gubernur Kalsel menuturkan, selama Bupati Hasanuddin Murad memimpin Bumi Ije Jela, pembangunan di Batola mengalami kemajuan pesat di berbagai bidang, termasuk infrastruktur. Sekarang ke Hulu Sungai sudah bisa lewat Batola dengan jarak tempuh lebih dekat.
Pemprov Kalsel pun setiap tahun terus meningkatkan pembangunan jalan provinsi ke arah Batola hingga hulu, hal itu dilakukan dalam rangka mendukung kelancaran pembangunan di Batola.
Tidak hanya kemajuan di bidang infrastruktur kian bertambah maju yang dirasakan masyarakat Batola sejak di bawah kepemimpinan Bupati Barito Kuala, H Hasanuddin Murad, bidang pembinaan usaha masyarakat dan koperasi pun turut dirasakan pula.
Terbukti, beragam penghargaan atas keberhasil pembangunan berhasil diraih kabupaten bermotto Selidah ini, dan yang paling terbaru di tahun 2014 ini adalah penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM 2014 dari Pemerintah Republik Indonesia.
Penghargaan itu diterima Bupati Hasanuddin Murad bertepatan dengan Puncak Peringatan Hari Koperasi ke-67 pada 15 Juli 2014 di Lapangan Benteng Medan, Sumatera Utara. Penghargaan tersebut diserahkan Menteri Koperasi dan UKM, Sjarifuddin Hasan, disaksikan oleh Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono, berserta Ibu Negara, Hj Ani Bambang Yudhoyono.
Penghargaan Bhakti Koperasi dan UKM 2014 itu merupakan penghargaan yang spesial diberikan oleh pemerintah kepada para kepala daerah yang memiliki prestasi  dan perhatian lebih pada koperasi dan UKM.
Beberapa prestasi yang diraih Pemerintah Kabupaten Batola sangat membanggakan hingga menjadi tolok ukur penilaian pemerintah pusat untuk memasukkan Bupati Batola dalam nominasi sebagai penerima penghargaan tersebut, yakni mengingat kepercayaan Pemerintah Kabupaten Batola kepada beberapa koperasi yang bisa menjadi channeling dari pinjaman tanpa bunga untuk pengadaan pupuk bersubsidi.
Gebrakan Pemkab Batola memberikan pinjaman tanpa bunga untuk pupuk bersubsidi tersebut disambut baik oleh masyarakatnya, terutama oleh para Kelompok Tani (Poktan) dan Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Bumi Ije Jela. Hasilnya, Kabupaten Batola menjadi salah satu kabupaten penyangga pangan di Provinsi Kalimantan Selatan.
Hery Sasmita SSTP MAP, Kasubag Pemberitaan dan Media Massa Humpro Setda Pemkab Batola, mengatakan bahwa prestasi lain yang berhasil diraih oleh Bupati Batola, H Hasanuddin Murad, adalah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada beberapa KUD untuk melakukan pengelolaan terhadap aset-aset pemerintah daerah, seperti kepada KUD Tuntung Pandang, Pemkab Batola mempercayakannya sebagai pengelola gudang dalam sistem resi gudang, kemudian KUD Basunundo yang diberi mandat sebagai pengelola pasar tradisional.
Dengan memberikan kesempatan dan kepercayaan untuk pengelolaan aset daerah, menjadikan Kabupaten Batola sebagai satu-satunya daerah yang dikelola koperasi dan hal ini telah mendapat persetujuan dari Kepala Bappeti Kemendag RI.
Diraihnya beberapa prestasi sehingga membuahkan kepercayaan pemerintah pusat dengan diberikannya beberapa penghargaan kepada Pemkab Batola, membuat sosok Bupati H Hasanuddin Murad SH menjadi kebanggaan bagi masyarakat Barito Kuala dan Provinsi Kalsel. (Tim) web majalah fakta / majalah fakta online

No comments:

Post a Comment