Monday, June 30, 2014

DELTA RAYA : BANJAR STUDY DI LAMONGAN

KABUPATEN Banjar, Provinsi Kalimantan Selatan, melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Lamongan, Jatim. Kali ini Anggota Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar melakukan kunker terkait ketertiban sosial. “Kami datang ke Lamongan untuk mengetahui dan mendalami bagaimana perangkat kebijakan di kabupaten ini dalam menangani berbagai permasalahan sosial seperti pengemis, anak jalanan, gelandangan dan anak-anak yang terjerat obat-obatan terlarang (narkoba),” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Banjar, Gusti Abdurrahman.
Kabupaten Banjar yang terdiri dari 20 kecamatan tersebut sedang mengalami masalah sosial, menurut Gusti, karena terkenal sebagai kota yang religius. Sehingga dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk memperkaya diri sendiri.
Sekkab Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menyambut kedatangan rombongan kunker yang terdiri dari 15 peserta tersebut menyampaikan bahwa Lamongan sudah memiliki beberapa regulasi terkait permasalahan sosial. “Kabupaten Lamongan telah mempunyai Peraturan Daerah No.4 Tahun 2007 Tentang Penyelenggaraan Ketertiban Umum dan itu masuk dalam leading sector Satpol PP. Setiap tahunnya ada kegiatan yang memang dianggarkan dalam APBD terkait operasi pelajar, operasi miras, operasi PNS, operasi PKL dan operasi PSK,” ujar Yuhronur Efendi.
Kepala Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) Pemkab Lamongan, Imam Tresno Edy, mengatakan bahwa di tahun 2014 ini ada penanganan untuk 26 jenis Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS). Yakni, Satpol PP bekerja sama dengan 36 UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. “Setelah dilakukan razia, yang tertangkap akan dibina di UPT Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur,’’ ujarnya.
           Masih terkait penanganan masalah sosial, di tahun 2014 ini Kabupaten Lamongan telah menuntaskan bantuan Program Keluarga Harapan untuk rumah tangga sangat miskin di 27 kecamatan. Program serupa terkait pemberdayaan kemiskinan tidak hanya berada di Dinsosnakertrans, tetapi juga dilaksanakan oleh Bappeda, Bagian Kesejahteraan Masyarakat dan beberapa SKPD lain. (F.728) majalah fakta online
Sekkab Lamongan, Yuhronur Efendi, saat menerima kunker dari Banjar

No comments:

Post a Comment