Sunday, June 1, 2014

ANEKA BERITA : RSUD BANTAENG TERIMA BANTUAN MOBIL DONOR DARAH

SETELAH memberi bantuan gedung unit transfusi darah di RSUD Prof Anwar Makkatutu pada 2010, Kementerian Kesehatan RI kembali memberi bantuan untuk peningkatan pelayanan kepada Pemerintah Kabupaten Bantaeng.
Kali ini Kemenkes RI menyerahkan bantuan berupa satu unit mobil transfusi darah yang akan dijadikan sarana operasional UPD (Unit Transfusi Darah) RSUD Prof Anwar Makkatutu Bantaeng.
Penyerahan mobil tersebut dilakukan di kawasan Pantai Marina usai senam bersama Rabu, 5 April 2014. Penyerahan dari Kemenkes diwakili Direktur RSUD, DR Sultan MKes, kepada Bupati Bantaeng, DR H M Nurdin Abdullah, dan diteruskan kepada pengelola unit transfusi darah, disaksikan Sekretaris Kabupaten (Sekkab), H Abd Latief Naikang, Ketua Pengadilan Negeri Bantaeng, Bambang Ekaputra, Kajari, Handoko Setiawan, dan beberapa pimpinan SKPD.
Menurut DR Sultan, mobil yang dilengkapi fasilitas penunjang itu akan dimanfaatkan untuk menjemput kebutuhan darah di bagian selatan Sulsel. “Bila ada permintaan dari daerah tetangga kita siap karena ini merupakan unit mobil di bagian selatan Sulsel,” katanya.
“Pemakaian darah selama ini mencapai 100 kantong/bulan,” tambah Kepala Instalasi Transfusi Darah RSUD, Hermanto SST. Pemakaian sebanyak itu cukup tinggi untuk tingkat kabupaten. Untuk menjamin ketersediaan darah, mobil unit transfusi darah ini akan menjangkau kecamatan dan instansi untuk membiasakan orang mendonorkan darahnya.
“Membiasakan transfusi darah membuat kita sehat. Hingga kini stok darah yang ada di RSUD sebanyak 30 kantong, jumlah tersebut sewaktu-waktu dapat ditambah dan bila jumlahnya sudah banyak bisa saja kita sumbangkan ke daerah yang membutuhkan. Contohnya, bantuan kantong darah yang dikirim ke Manado sebanyak 40 kantong saat terjadi banjir bandang dan 60 kantong ke Wasior, Papua”. (F.566) majalah fakta online

No comments:

Post a Comment