Sunday, June 8, 2014

BALANGAN BUMI SANGGAM : PEMKAB BALANGAN SUSUN MASTERPLAN AIR BERSIH

UNTUK memenuhi kebutuhan air bersih yang sehat dan layak untuk dikonsumsi, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Balangan menyusun masterplan air bersih sehingga dapat dijadikan pedoman pengembangan Sarana Penyediaan Air Minum (SPAM) hingga tahun 2034.
Penyusunan masterplan air bersih tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih yang sehat dan layak untuk dikonsumsi, tetapi juga dapat mewujudkan keterpaduan dan terkoordinasinya program pembangunan sarana atau infrastruktur air bersih, juga dapat mendorong investasi baik pemerintah, masyarakat dan swasta.
Penyusunan Masterplan Air Bersih Kabupaten Balangan tidak hanya mempunyai tujuan untuk menghasilkan dokumen Rencana Induk SPAM yang dapat dijadikan pedoman pengembangan SPAM sampai dengan tahun 2034, tetapi juga mempunyai maksud penyusunan agar dapat mengidentifikasi kebutuhan air bersih, mengetahui program yang dibutuhkan untuk pencapaian target dan memberikan masukan kepada pemerintah pusat, provinsi dan daerah dalam upaya mengembangkan prasarana dan sarana air bersih melalui program yang terpadu dan berkelanjutan.
Diharapkan sasaran utama dari penyusunan masterplan air bersih ini dapat mewujudkan keterpaduan program pembangunan infrastruktur air bersih, mendorong investasi baik pemerintah, masyarakat dan swasta, dan terkoordinasinya pembangunan sarana air bersih yang berkualitas.
Bupati Balangan, Ir H Sefek Efendie ME
Sementara Bupati Balangan, Ir H Sefek Efendie ME, mengatakan bahwa meskipun masterplan air bersih sudah disusun dan nantinya dilaksanakan sesuai apa yang direncanakan sehingga menghasilkan yang terbaik namun warga agar tetap bersikap hemat terhadap penggunaan air bersih. Menurutnya, meski saat ini kesulitan memperoleh air bersih sudah sedikit teratasi, sikap hemat merupakan tindakan yang terbaik. ”Selain menjaga dari perilaku berlebih-lebihan juga akan berpengaruh pada kelancaran pendistribusian air bersih oleh PDAM dalam memenuhi kebutuhan seluruh pelanggan dan bahkan masyarakat lainnya,” ungkapnya.
Seperti diketahui PDAM Kabupaten Balangan hingga bulan Mei 2014 mempunyai cakupan layanan terhadap jumlah penduduk pelayanan saat ini sudah mencapai 71,37% dan dalam kondisi sehat, dan masih terdapat idle capacity sebesar 150 liter/detik yang bisa dimanfaatkan. Sedangkan untuk layanan non perpipaan dapat bersumber dari bantuan swasta, program Pamsimas dan PNPM Mandiri Perdesaan.
Kualitas air yang dihasilkan PDAM Kabupaten Balangan, baik perpipaan maupun non perpipaan merupakan faktor penting yang harus diperhatikan, karena sasaran tahun 2010 lalu air yang dihasilkan adalah bukan hanya air bersih namun merupakan air minum. Di samping kualitas air yang perlu diperhatikan juga adalah ketersediaan sumber air baku  untuk 10 sd/ 20 tahun mendatang.
Dengan penyusunan masterplan air bersih ini diharapkan akan menghasilkan dokumen rencana induk pengembangan sistem penyediaan air bersih Kabupaten Balangan yang siap ditindaklanjuti oleh penyelenggara baik pusat, provinsi maupun daerah.
Penyusunan masterplan air bersih Kabupaten Balangan melibatkan pihak Bappeda, Dinas PU, Dinas Kesehatan, PDAM, BLHK dan SKPD Balangan yang terkait juga Konsultan Advisory Provinsi Kalimantan Selatan serta tim konsultan pelaksana. (Tim) majalah fakta online
Suasana penyusunan masterplan air bersih di Kabupaten Balangan


No comments:

Post a Comment