Sunday, January 1, 2017

SOLO RAYA

BULOG SUKOHARJO JAMIN KUALITAS RASKIN BAGUS

Raskin di gudang Bulog.
BULOG Kabupaten Sukoharjo, Provinsi Jawa Tengah, menjamin kualitas beras untuk masyarakat miskin (raskin) bagus. Penyaluran raskin untuk Agustus mulai dilakukan Senin-Kamis (25-28/7) kepada 51.168 rumah tangga sasaran (RTS).
Kepala Gudang Bulog Telukan, Grogol, Sukoharjo, Wisnu Sancoyo, mengatakan, pihaknya menjamin raskin yang disalurkan adalah kualitas yang bagus. Raskin yang disalurkan berkualitas medium dengan kadar broken atau 20 persen. ”Kami jamin raskin di Sukoharjo bagus dan tidak seperti yang dibicarakan,” kata Wisnu kepada wartawan.
Diakui Wisnu, belakangan ini memang ada kabar raskin yang disalurkan RTS langsung dibeli pengepul untuk dijual kembali ke Bulog. Namun, Wisnu mengklaim, hal tersebut tidak mungkin terjadi. Sebab, Gudang Telukan memiliki ruang laboratorium untuk pengujian beras yang masuk gudang penyimpanan. ”Kami menjamin tidak ada raskin terdahulu (daur ulang) yang didistribusikan kembali,” tegasnya.
Sementara itu, Wisnu juga meminta masyarakat tetap mengawasi kualitas raskin yang jelek. Jika menemukan beras kualitas jelek, ia meminta masyarakat melapor dan mengirimkan kembali raskin yang jelek itu untuk diganti dengan yang bagus. Laporan bisa langsung ke satgas desa atau ke Bulog. ”Langsung laporkan ke satgas bila memang benar ada raskin yang jelek. Saya jamin langsung akan ditukar dengan yang bagus,” papar dia.

Terkait adanya kutu dalam beras, Wisnu berujar, hal itu tidak berbahaya. Kutu memakan bekatul dan tidak beracun. Bila memang ditemukan kutu, itu justru menunjukkan bila kondisi beras tidak mengandung bahan kimia. Namun, sebelum disalurkan ke masyarakat, selama ini raskin di gudang Bulog sudah difungisasi. (Ist) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment