Thursday, January 5, 2017

ANEKA BERITA

100 KIOS PASAR SAYUR MAGETAN TERBAKAR

Titik api munculnya dari pintu pasar sisi selatan sekitar pukul 20.15 WIB.
SEKITAR 100 kios dan puluhan lapak pedagang pasar sayur Magetan ludes dilalap si jago merah, Minggu malam (14/7). Kebakaran hebat kelima sepanjang sejarah pasar tradisional beroperasi ini dibilang terdahsyat. Belum diketahui persis jumlah kerugian yang diderita.
Informasi yang dihimpun Haryana dari FAKTA, titik api munculnya dari pintu pasar sisi selatan sekitar pukul 20.15 WIB. Tepatnya di belakang Pos Polisi di Jalan  Kunti. Diduga akibat korsleting arus listrik. Api kemudian menjalar ke deretan kios makanan ringan. Kemudian api menjalar ke deretan kios belakang yang diisi pedagang daging dan buah. Si jago merah terus menjalar hingga ke bagian lapak. “Mungkin korslet, karena sempat lihat percikan api dari pintu itu (pintu masuk selatan),” ujar Nanang, salah satu saksi mata.
Hasil pantauan FAKTA, pukul 22.30 WIB api masih belum berhasil dipadamkan. Petugas PMK dari Magetan, Lanud Iswahyudi maupun satu mobil Damkar dari Kabupaten Ngawi masih kesulitan menjinakkan api. Sebelumnya dua unit mobil Damkar juga mogok. Dari awalnya 25 kios dan lapak yang terbakar, jumlahnya semakin bertambah. Ini lantaran api terus menjalar ke deretan kios dan toko mas yang berada di sisi barat, Jalan Mayjend Sungkono. Belum terhitung lagi jumlah kios maupun lapak yang terbakar. Data yang diperoleh FAKTA ini sekitar pukul 22. 45 WIB lebih dari 100 kios yang terbakar, belum termasuk lapak di los pedagang. Termasuk, satu bangunan masjid di komplek ikut dilalap si jago merah.
Petugas PMK sempat kesulitan mendekat ke TKP lantaran akses terhalang ribuan warga yang menonton. Selain itu, puluhan pedagang juga berupaya menyelamatkan barang dagangannya supaya terhindar dari kerugian yang besar. “Petugas PMK terus berupaya dan kami berusaha mensterilkan dari warga,” ujar Kapolsek Magetan Kota, AKP Agus Suprijanto.
Kebakaran hebat di pasar yang jadi ikon Magetan ini juga mendapat perhatian serius Bupati Magetan, Sumantri. Orang nomor satu di Magetan ini sekitar pukul 21.30 WIB mendatangai lokasi dengan rombongan pejabat dan Ketua DPRD Magetan, Joko Suyono. Kapolres Magetan, AKBP Heru Agung Nugroho, juga datang bersama jajaran perwira.
Sementara Kepala Pelaksana BPBD Magetan mengatakan, Tim PMK terus berupaya memadamkan api. Informasi yang diterima, titik api muncul dari pintu sisi selatan pasar sayur. “Kami fokus memadamkan api dengan segala kemampuan, semua dikerahkan,” ujarnya.

Kabag Humas dan Protokol Pemkab Magetan, Sail Mukhlisun, mengatakan, bupati menggelar rapat koordinasi mendadak setelah dari lokasi. Sementara belum ada pernyataan resmi dari bupati. “Namun, yang jelas, pemkab sudah berupaya meminta bantuan semua unit mobil PMK se-eks Karesidenan Madiun untuk dikerahkan ke lokasi. Sudah ada dari Ngawi, Lanud Iswahjudi, juga bantuan dari Madiun dan Ponorogo,” ujarnya. (F.976) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment