Tuesday, January 31, 2017

LINTAS BERITA

LAPAS PANGKALAN BUN OVER KAPASITAS

Kondisi Lapas Kelas II B Pangkalan Bun yang dipimpin Arief Gunawan. 
LEMBAGA Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Pangkalan Bun, Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar), Provinsi Kalimantan Tengah, dihuni 548 napi dan tahanan dari 3 kabupaten yaitu Kabupaten Kobar, Kabupaten Lamandau dan Kabupaten Sukamara. Padahal kapasitas Lapas Kelas II B Pangkalan Bun sebenarnya hanya dihuni 226 napi dan tahanan.
“Oleh karena itu perlu mendapat perhatian kita semua. Sumur bor yang ada di lapas saat ini 3 buah dan tidak ada sarana penunjang apabila ada warga penghuni lapas yang sakit mendadak pada tengah malam,” tutur Arief Gunawan, Kepala Lapas Kelas II B Pangkalan Bun.
Arief Gunawan juga mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah  daerah melalui Dinas Dikpora yang telah memberikan dukungan dalam kegiatan pramuka kepada warga binaan dengan  harapan dapat mewakili Kalimantan Tengah dalam Jambore Tingkat Nasional. Pasalnya, selama ini belum pernah ada warga binaan dari kabupaten yang mengikuti pramuka tingkat nasional. “Sangat besar harapan kami Lapas Kelas II B Pangkalan Bun yang pertama kalinya di Indonesia mengikuti kegiatan tingkat nasional tersebut”.
Disdikpora Kobar juga telah bekerja sama dengan Lapas Kelas IIB Pangkalan Bun  menyelenggarakan program paket A, B dan C dengan tujuan agar warga binaan setelah bebas nanti dapat peluang pekerjaan yang lebih baik.
Kondisi Lapas Kelas II B Pangkalan Buan memang sangat jauh berbeda dengan sebelumnya sejak dipimpin Arief Gunawan. Pantauan Abdul Hamid dari FAKTA di dalam lapas saat pemberian remisi HUT RI 17 Agustus 2016, di pinggir tembok dulu gersang dan ditumbuhi rumput liar sekarang sudah menjadi kebun mini yang ditanami pisang dan sayur-sayuran. Bahkan tambak budidaya ikan pun ada yang ditata sedemikan rupa agar tampak indah dan menghasilkan. Hal ni jelas sangat bermanfaat bagi warga binaan dan juga untuk menambah kebutuhan warga lapas sendiri.
Menurut Arief Gunawan, kebun mini lapas ini baru dan dulu lahan ini sempit mau dibuat bangunan tidak bisa. “Akhirnya dibuat kebun mini ternyata hasilnya bagus dan itu semua kreasi warga binaan,” kata Arif Gunawan sambil menambahkan bahwa warga binaan Lapas Kelas II Pangkalan Bun yang mendapat remisi pada HUT RI Ke-71 sejumlah 246 orang,  229 orang dapat remisi umum dan sisinya, 17 orang, mendapat remisi II  langsung bebas. (F.561) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment