Saturday, January 7, 2017

ADVETORIAL KOTA KEDIRI

Manusuk Sima HUT Kota Kediri Ke-1137

Kepala DISBUDPARPORA Kota Kediri, Drs Nur Muhyar, saat memotong tumpeng dalam selamatan Manusuk Sima HUT Kota Kediri Ke-1137 di Kwak pada Rabu (27/7).
PEMERINTAH Kota Kediri melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISBUDPARPORA) mengadakan selamatan Manusuk Sima di Kwak pada Rabu, 27 Juli 2016. Selamatan Manusuk Sima diadakan sebagai selamatan Ulang Tahun Kota Kediri Ke-1137 yang jatuh pada tanggal 27 Juli 2016.
Kota Kediri berdiri berdasarkan pada Prasasti Kwak yang ditemukan di Kwak. Atas keteladanan Wka Pu Catura dan sebagai dharmanya, maka ditetapkanlah tanah tegal di Wanua Kwak sebagai sawah pardikan (sima) oleh Raja Mataram, Sri Maharaja Rake Kayuwangi. Seiring dengan perkembangan jaman berkembang pula Wanua Kwak yang semula hanya sebagai pardikan menjadi suatu komunitas kehidupan yang mempunyai sistem sosio budaya yang teratur pada jamannya hingga menjadi sebuah kerajaan sebesar Kediri dan berjaya pada masanya. Dan, berdasarkan pada Prasasti Kwak inilah, akhirnya tanggal 27 Juli 879 dijadikan sebagai Hari Jadi Kota Kediri.

Acara tersebut ditandai dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala DISBUDPARPORA Kota Kediri, Drs Nur Muhyar, yang dilanjutkan dengan makan bersama para undangan. (ADV DISBUDPARPORA KOTA KEDIRI) web majalah fakta / majalah fakta online / mdsnacks

No comments:

Post a Comment